Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Notebook 9 Pen, Gabungan Laptop dan Galaxy Note

Kompas.com - 15/01/2018, 11:26 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Bagaimana jika laptop dikawinkan dengan seri smartphone Galaxy Note? Hasilnya adalah Notebook 9 Pen dari Samsung, laptop convertible berbasis Windows 10 yang bisa berubah menjadi tablet sekaligus dibekali stylus ala Galaxy Note.

Perangkat ini muncul dalam ajang CES 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat, pekan lalu. Dibekali layar sentuh berukuran 13,3 inci, Notebook 9 Pen terbilang ramping dengan bobot 1 kg dan ketebalan maksimum di kisaran 16mm.

Fitur andalannya adalah sebuah pena stylus yang mirip dengan S-Pen kepunyaan Galaxy Note. Alat penunjuk yang bisa dipakai untuk menulis dan menggambar di layar Notebook 9 Pen ini tersimpan di sebuah slot khusus di bagian palmrest keyboard saat sedang tidak dipakai.

Seperti di Galaxy Note pula, saat menarik pena stylus ini ke luar tempatnya, pengguna akan disuguhi menu serupa “Air Command” di Galaxy Note, lengkap dengan shortcut seperti Create Note, SmartSelect, dan Screen Write.

Pena stylus Notebook 9 Pen tersimpan di slot khusus di bawah bagian palmrest keyboard.Samsung Pena stylus Notebook 9 Pen tersimpan di slot khusus di bawah bagian palmrest keyboard.

Sang pena sendiri memiliki ujung setebal 0,7 mm dan mampu memiliki 4.096 tingkat sensitivitas terhadap tekanan sehingga bisa digunakan untuk menggambar dengan halus layaknya di ponsel Galaxy Note.

Soal spesifikasi, Notebook 9 Pen datang dengan dapur pacu prosesor Intel Core i7 generasi ke-8, kapasitas RAM hingga 16 GB (tergantung model) dan media penyimpanan SSD berkapasitas 512 GB.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Senin (15/1/2018), Notebok 9 Pen tersedia dalam dua opsi ukuran layar, yakni 13,3 inci dengan kapasitas baterai 39 Wh dan 15 inci dengan kapasitas baterai 75 Wh. Ada juga sebuah port USB type-C, berikut satu konektor HDMI, satu port USB 3.0, dan satu slot micro SD.

Sayang, Samsung belum mengungkap informasi harga dan ketersediaan Notebook 9 Pen di pasaran.

Baca juga : Razer Linda, Gabungan Laptop dan Ponsel Android

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com