Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan VPN Gratis dari Opera Dihentikan Akhir April

Kompas.com - 18/04/2018, 12:28 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Gizmodo
KOMPAS.com - Pengguna aplikasi Opera VPN tentu akrab dengan Olaf, tokoh kartun yang menjadi maskot aplikasi Virtual Private Network tersebut, di platform Android dan iOS.
 
Sayang, tak lama lagi Olaf sang Viking dengan helm bertanduk itu akan segera undur diri dari hadapan pengguna. Opera selaku pemilik Opera VPN telah memutuskan untuk menghentikan layanan gratis tersebut pada 30 April 2018 mendatang. Olaf pun pensiun.
 
“Kami semua di Opera (termasuk Olaf) berterima kasih dengan tulis atas segala dukungan Anda selama beberapa tahun terakhir. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya,” tulis Opera dalam sebuah posting berisi pengumuman. 
 
Di atas pengumuman berjudul “Olaf Pensiun” itu ada gambar wajah Olaf yang tertunduk, terlihat sedih. 

Baca juga: Situs Banyak Diblokir, Indonesia Jadi Pengguna VPN Tertinggi

 
Opera VPN diluncurkan pada 2016 sebagai aplikasi stand alone untuk platform Android dan iOS, setelah sebelumnya Opera mengintegrasikan fitur VPN di peramban desktop besutannya.
 
Sebenarnya Opera menjanjikan Opera VPN bakal terus tersedia secara gratis untuk “selamanya”, dengan mendapat pemasukan dari iklan. Sayang, janji tinggal janji. Opera melanggar kata-katanya sendiri.
 
Selain versi gratis, Opera juga menyediakan versi berbayar bernama Opera VPN Gold yang menawarkan sejumlah benefit, seperti kecepatan lebih tinggi dan jumlah region VPN lebih banyak.
 
Layanan Opera VPN Gold ini pun akan ditutup. Namun, sebagai obat kecewa bagi pelanggannya, Opera akan memberikan langganan gratis selama satu tahun di penyedia VPN lain, yakni SurfEasy Ultra. Sebelumnya SurfEasy dimiliki oleh Opera, tetapi kemudian dijual ke Symantec tahun lalu.
 
VPN alternatif
 
VPN adalah layanan untuk menyamarkan alamat IP perangkat pengguna, dengan mengalihkan trafik ke server pihak ketiga. Hal ini mengaburkan identitas pengguna sehingga sulit dilacak, misalnya oleh hacker atau pengiklan.
 
Selain untuk melindungi privasi di internet, VPN juga bisa dipakai menyamarkan domisili, sehingga dapat membuka layanan online yang dibatasi berdasarkan negara, misalnya situs web video streaming.
 
Sebagimana dirangkum KompasTekno dari Gizmodo, Rabu (18/4/2018), Opera VPN hanya salah satu penyedia layanan Virtual Private Network yang banyak ditemukan di internet. 
 
Alternatifnya, -selain SurfEasy yang disebutkan di atas- antara lain TunnelBear dan Winscribe untuk layanan VPN gratis (dengan pembatasan kuota data per bulan). Ada juga layanan-layanan VPN berbayar lain, seperti ExpressVPN dan IPVanish. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com