Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Mulai Berlakukan Aturan Usia 16 Tahun ke Atas

Kompas.com - 25/04/2018, 19:09 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber ENGADGET
KOMPAS.com - Eropa sedang bersiap menerapkan peraturan  General Data Protection Regulation (GDPR). Perusahaan-perusahaan teknologi pun sibuk berbenah untuk memenuhi regulasi baru tersebut.
 
Salah satunya WhatsApp yang mengubah ketentuan umur minimal penggunanya dari 13 tahun menjadi 16 tahun. Kebijakan baru ini rencananya akan mulai diterapkan lewat persyaratan penggunaan (terms of service) baru dalam beberapa pekan ke depan.
 
Pengguna WhatsApp yang berdomisili di Eropa nantinya harus menyatakan telah berumur setidaknya 16 tahun sebelum bisa memakai aplikasi pesan instan tersebut. Adapun syarat umur minimal WhatsApp tetap 13 tahun di wilayah lain di luar Eropa.
 
Selain itu, untuk meningkatkan transparansinya soal penggunaan data, WhatsApp turut menyatakan bakal merilis informasi tentang data apa saja yang dikumpulkan dari pengguna.
 
“Anda akan bisa mengunduh dan melihat data yang kami ambil, yang memang hanya sedikit. Fitur ini akan hadir untuk pengguna di seluruh dunia lewat aplikasi WhatsApp versi baru,” tulis WhatsApp dalam sebuah posting blog bersisi pengumuman. 
 
Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Rabu (25/4/2018), WhatsApp tidak menjelaskan caranya memverifikasi bahwa pengguna memang memasukkan umur yang benar dan tidak berbohong soal itu.

Baca juga : Jerman Wajibkan Orang Tua Hancurkan Smartwatch Anaknya

 
Regulasi GDPR membatasi perusahaan-perusahaan teknologi hanya bisa mengambil dan mengolah data pribadi dari warga yang berusia setidaknya 16 tahun. Sementara, warga berusia  di bawah 13 tahun hanya boleh berbagi di informasi di ranah digital lewat seorang wali (misalnya orang tua) dewasa. 
 
Facebook, perusahaan induk WhatsApp yang memiliki terms of service terpisah, mengambil pendekatan berbeda. Raksasa jejaring sosial itu meminta pengguna Eropa berusia antara 13 hingga 15 tahun untuk mendapat izin dari orang tua atau wali.

Baca juga : Yuma, Programmer Usia 10 Tahun Asal Indonesia yang Dipuji Bos Apple

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com