Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Siapkan Mode "Liburan" agar Pengguna Tak Terganggu Obrolan

Kompas.com - 19/10/2018, 15:41 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Neowin

KOMPAS.com - WhatsApp tengah menyiapkan fitur yang membantu penggunanya bisa menikmati liburan dengan tenang. Fitur itu adalah "Vacation Mode" dan "Silent Mode".

Kedua mode itu diumbar oleh akun Twitter WABetaInfo yang dikenal sering membocorkan fitur baru WhatsApp sebelum resmi meluncur.

Untuk saat ini, "Silent Mode" disebut telah ada di WhatsApp versi Android. Mode ini telah aktif secara default, sehingga pengguna tidak perlu melakukan pembaruan di Google Play Store.

Pengguna juga tidak perlu mencari di menu settings untuk mendapatkan mode ini. Sebab, Silent Mode akan aktif secara otomatis untuk setiap chat yang disenyapkan (muted).

Fitur ini akan menyembunyikan lencana notifikasi - biasanya menyertakan jumlah chat yang masuk- dari chat yang disenyapkan. Untuk sebagian pengguna, melihat tanda notifikasi pesan di WhatsApp cukup menganggu, apalagi jika jumlah percakapannya menyetuh angka ratusan.

Baca juga: 6 Tips Aman Menggunakan WhatsApp

Dengan Silent Mode, maka pengguna tidak akan lagi melihat notifikasi dari jenedela chat individu atau grup yang dibisukan.

Mode liburan

Tangkapan layar Vacation Mode di WhatsAppWABetaInfo Tangkapan layar Vacation Mode di WhatsApp

Berbeda dengan Silent Mode, Vacation Mode masih dalam pengembangan. Mode ini dikembangkan dari mode silent yang lebih dulu meluncur tadi.

Nantinya, Vacation Mode akan muncul di menu "Pengaturan Notifikasi".

Dengan mengaktifkan mode ini, pesan dari obrolan yang dibisukan akan ikut tercadangkan (archived).

Hingga saat ini, ketika kita mengarsipkan chat, secara otomatis pesan baru yang diterima tidak akan diarsipkan oleh WhatsApp.

Baca juga: WhatsApp Bakal Perpanjang Waktu Hapus Pesan?

Namun setelah mengaktifkan Vacation Mode, pesan baru dari obrolan yang dibisukan akan tetap tersimpan, bahkan jika ada pesan yang baru masuk.

Mode ini akan bermanfaat jika pengguna tidak ingin terlibat dalam percakapan grup atau dari orang-orang tertentu, namun tidak ingin ketinggalan informasi apa yang sedang dibahas saat disenyapkan.

Sesuai namanya, dengan mengaktifkan mode ini, pengguna pun bisa liburan dengan tenang tanpa terganggu obrolan dan tetap bisa mengikuti pembicaraan saat sudah kembali ke aktivitas sehari-hari lewat arsip chat

Sebagaimana KompasTekno lansir dari Neowin, Jumat (19/10/2018), Vacation Mode akan tersedia di WhatsApp untuk platform Android, iOS dan Windows Phone

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Neowin
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com