Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Bohemian Rhapsody" Jadi Lagu Abad 20 yang Paling Sering Di-streaming

Kompas.com - 13/12/2018, 09:51 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lagu "Bohemian Rhapsody" yang dinyanyikan band rock asal Inggris, Queen, menjadi lagu dari abad ke-20 yang paling banyak diputar secara streaming. Lagu fenomenal ini mengungguli hits Smells Like Teen Spirit dari Nirvana yang ada di peringkat kedua.

Tak hanya itu, "Bohemian Rhapsody" juga menjadi lagu rock klasik paling banyak diputar secara streaming sepanjang masa. "Bohemian Rhapsody" telah diputar 1,6 miliar kali di berbagai platform musik alir seperti YouTube dan Spotify.

Popularitas lagu ini awet hingga lintas generasi dengan medium pemutar yang berbeda. Platform alir musik seperti Spotify atau YouTube menggantikan peran piringan hitam yang menjadi andalan musisi tahun 20an.

Sebelum populer di platform streaming, lagu ini juga memuncaki tangga lagu di Inggris pada tahun 1975. Sementara pada 1991, lagu ini kembali menjadi nomor satu setelah vokali Freddie Mercury meninggal.

Baca juga: Kualitas Streaming Video di Indonesia Termasuk Paling Buruk

Lagu yang masuk dalam album "A Night at the Opera" ini kembali masuk tangga lagu Inggris pada bulan November 2018 di posisi 45 dan menjadi lagu kesebalas yang paling banyak diputar streaming di dunia melalui Spotify.

"Jadi saluran musik rock telah bermetamorfosa menjadi aliran (stream)! Sangat bahagia bahwa musik kami masih mengalir dengan deras!," ungkap gitaris Queen, Brian May.

Hal senada juga diungkapkan CEO Universal Music Group, label Queen bernaung.

"Prestasi yang luar biasa bahwa Queen yang brilian masih bertahan," ungkapnya.

Ketenaran lagu ini di platform musik, dipengaruhi oleh perilisan film biopik "Bohemian Rhapsody" yang mengisahkan sang vokalis, Freddie Mercury dan juga Queen.

Film ini dirilis bulan November lalu dan meraup 600 miliar dollar (sekitar Rp 8.757 triliun).
Sebagaimana KompasTekno lansir dari The Guardian, Kamis (13/12/2018), lima besar lagu yang paling banyak diputar melalui platform streaming dari abad 20 cukup menarik.

Baca juga: Spotify Resmi Hadir di Apple Watch

Meski "king of pop" Michael Jackson dan The Beatles absen, namun band rock legendaris sekelas Nirvana dengan lagu Smells Like Teen Spirit duduk di nomor dua setelah Bohemian Rhapsody.

Diikuti Gun N' Roses: Sweet Child O' Mine dan November Rain, serta band asal Norwegia, a-ha dengan hits Take on Me, yang menduduki posisi ketiga hingga kelima secara berurutan.

Sementara lagu Shape of You dari Ed Sheeran, menjadi lagu paling banyak diputar secara streaming di Spotify dan tembus hingga dua miliar streaming.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com