Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game "Hill Climb Racing" dan "Temple Run" Termasuk Aplikasi Berbahaya di PlayStore

Kompas.com - 25/06/2019, 12:30 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com — Sejumlah peneliti dari Universitas Sydney dan Data61CSIRO menemukan 2.040 aplikasi berbahaya yang beredar di Google PlayStore.

Beberapa aplikasi ternyata adalah malware, sementara aplikasi lain adalah aplikasi palsu yang membutuhkan banyak sekali izin akses data sensitif yang tidak terkait.

Contohnya adalah aplikasi gim bernama Hill Climb Racing dan Temple Run. Ribuan aplikasi tersebut ditemukan setelah peneliti menyisir sekitar satu juta aplikasi di toko aplikasi Android itu selama kurang lebih dua tahun.

Mereka menggunakan jarungan neural dan machine learning untuk menemukan aplikasi berbahaya. Algoritma dari machine learning tersebut diatur untuk mencari deskripsi teks dan ikon yang sama dengan 10.000 aplikasi paling populer di Google PlayStore.

Baca juga: Daftar Aplikasi yang Terbanyak Diunduh di Android dan iOS

Hasilnya, algoritma ini menemukan 49.608 potensi ancaman dari aplikasi di Google PlayStore, sebagaimana KompasTekno rangkum dari GSM Arena, Selasa (25/4/2019).

Peneliti kemudian menggunakan layanan pendeteksi virus perangkat lunak bernama VirusTotal.

Dari pemindaian ini ditemukan 7.246 aplikasi yang telah tertandai sebagai aplikasi berbahaya dan 2.040 di antaranya adalah aplikasi palsu berisiko tinggi.

Sebanyak 1.565 aplikasi meminta setidaknya lima kali izin akses data sensitif dan 1.407 aplikasi menanamkan iklan pihak ketiga di dalamnya.

Kabar baiknya, aplikasi-aplikasi berbahaya yang ditemukan ini telah dihapus. Tim Google mengklaim jumlah pengajuan aplikasi yang ditolak meningkat 55 persen dibandingkan tahun lalu.

Sementara aplikasi yang ditangguhkan meningkat menjadi 66 persen. Google mungkin saja memperketat peredaran aplikasi di toko aplikasinya mengingat cukup sering para periset keamanan software menemukan aplikasi yang berbahaya di Google PlayStore.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GSM Arena


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com