Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situs Dewasa Ungkap Statistik OS Android Terbanyak di 2019

Kompas.com - 20/12/2019, 20:03 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejak pertengahan tahun 2019, Google belum pernah mengungkap data statistik terkait Android versi apa yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Namun situs dewasa Pornhub yang justru membeberkan data tersebut kepada publik. 

Data tersebut dirilis lewat kilas balik "Year in Review" yang dibuat oleh Pornhub. Situs dewasa ini menghitung jumlah trafik dari smartphone yang masuk ke Pornhub sepanjang 2019.

Dari data itulah terlihat sedikit gambaran terkait OS Android versi apa saja yang paling banyak digunakan pada smartphone.

Situs ini juga tidak menyebutkan berapa jumlah keseluruhan perangkat Android yang mengakses situs dewasa tersebut secara gamblang. Mereka hanya menuliskan jumlah persentase dari total trafik keseluruhan dari ponsel Android.

Berdasarkan temuan Pornhub, diketahui bahwa ponsel dengan sistem operasi Android Pie (9.0) mendominasi dengan persentase 48 persen dari trafik keseluruhan.

Jumlah ini bahkan dua kali lipat dari Android Oreo yang berada di posisi kedua. Sistem operasi Android 8.0 Oreo menyumbang trafik sebesar 23 persen.

Baca juga: Ponsel Android Terbaru di Turki Tak Bisa Pakai Layanan Google

Dari data yang dirilis Pornhub, terlihat pula bahwa masih ada ponsel yang menggunakan sistem operasi Android yang cukup lawas meski persentasenya jauh lebih rendah.

Seperti misalnya Android Jelly Bean dan Kitkat yang sama-sama menyumbang 1 persen dari trafik Android keseluruhan.

Ada pula Android Nougat dengan trafik 12 persen, Marshmallow 8 persen, Lollipop 5 persen, dan Android 10 sebesar 2 persen.

Statistik pengguna OS Android sepanjang 2019 di situs Pornhub.AndroidPolice Statistik pengguna OS Android sepanjang 2019 di situs Pornhub.

Jika dilihat dari statistik ini, jumlah adopsi Android 10 tampak belum sebanyak Android versi sebelumnya. 

Sebab, OS yang diluncurkan pada September lalu tersebut memang masih seumur jagung dan saat ini masih digelontorkan secara bertahap ke sejumlah ponsel.

Selain Android, Pornhub juga mencatat komposisi trafik dari pengguna iPhone berdasarkan versi iOS-nya.

Baca juga: 2020, Ponsel Android dan iOS Ini Tak Bisa Lagi Pakai WhatsApp

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari AndroidPolice, Jumat (20/12/2019), iOS 13, yang juga dirilis pada bulan yang sama dengan Android 10, mengambil porsi terbanyak dari jumlah trafik yang berasal dari iOS.

iOS 13 menyumbang trafik sebesar 71 persen dari keseluruhan trafik yang datang dari perangkat iOS.

Secara berurutan, iOS 13 diikuti oleh iOS 12 dengan angka 24 persen, iOS 11 sebesar 3 persen, iOS 10 sebesar 1 persen, dan iOS 9 sebanyak 1 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com