Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LG Pamer Ponsel Dengan Layar Gulung, Begini Bentuknya

Kompas.com - 14/01/2021, 16:33 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada sesi akhir acara Consumer Electronics Show (CES) 2021, LG mengejutkan banyak penonton dengan memamerkan ponsel pertamanya dengan layar yang bisa digulung.

Perangkat yang diduga akan mengusung nama LG Rollable itu diperkenalkan secara singkat oleh SVP and Head of Global Marketing LG, Jin-hong Kim.

Dalam sebuah cuplikan video teaser, perangkat bernama LG Rollable itu terlihat memiliki ukuran yang hampir menyerupai perangkat tablet.

Baca juga: LG Mulai Jual TV Pertama yang Bisa Digulung, Harganya Rp 1,2 Miliar

Uniknya, ukuran ponsel tersebut dapat menyusut secara otomatis sehingga memiliki ukuran yang mirip seperti smartphone pada umumnya dengan menggulung layar.

Bagian bezel terlihat menyesuaikan dengan ukuran layar yang berubah. Mekanismenya mirip dengan TV layar gulung yang juga sudah dibuat oleh LG beberapa waktu lalu.

Sayangnya, tidak banyak informasi yang disampaikan oleh LG terkait ponsel gulung besutannya tersebut. LG juga tidak memperlihatkan bagian punggung LG Rollable.

Dilihat dari cara kerjanya, smartphone ini agaknya dilengkapi dengan mekanisme khusus yang berfungsi untuk mencegah terjadinya proses lekukan ketika layar sedang digulung.

Dengan demikian, LG Rollable tidak memiliki garis lekukan seperti yang biasa ditemukan pada engsel ponsel layar lipat.

Baca juga: Video Prototipe Ponsel Layar Gulung Buatan TCL, Begini Cara Kerjanya

LG disebut berencana merilis ponsel gulung ini ke pasaran pada Maret 2021 mendatang dengan harga mulai dari 1.400 dollar AS (sekitar Rp 19,7 juta) hingga 2.000 dollar AS (sekitar Rp 28,2 juta) sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Rabu (13/1/2020).

Sebelumnya, kabar kehadiran LG Rollable telah diprediksi dari munculnya paten desain sebuah ponsel dengan layar OLED yang dapat digeser.

Dengan layar gulungnya, LG Rollable bisa berubah ukuran menjadi serupa tablet.LG Dengan layar gulungnya, LG Rollable bisa berubah ukuran menjadi serupa tablet.

Paten ini pertama kali diajukan pada Agustus 2019 lalu yang kemudian diresmikan oleh kantor hak paten Amerika Serikat (USPTO) pada September 2020.

Berdasarkan paten, ponsel yang diduga merupakan LG Rollable ini dibekali dengan engsel ditanamkan di kedua samping ponsel.

Sehingga ketika sudah selesai dibentangkan, layar dapat kembali digulung ke dalam ponsel. Gulungan layar tersebut akan disimpan di dalam bingkai bagian kiri dan kanan ponsel.

Baca juga: LG Patenkan Desain Ponsel Layar Gulung

Selain LG, beberapa pabrikan lain seperti TCL dan Oppo diduga sedang ikut mengembangkan ponsel gulung mereka. Namun, keduanya kemungkinan belum berencana untuk memasarkan ponsel tersebut dalam waktu dekat.

Dengan demikian, LG Rollable boleh jadi bakal menghadirkan ponsel gulung pertama yang dipasarkan secara global. Kita tunggu saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com