5 Poin Klarifikasi Terbaru Aturan Baru WhatsApp

Kompas.com - 13/01/2021, 13:14 WIB
Ilustrasi WhatsApp The VergeIlustrasi WhatsApp

KOMPAS.com - WhatsApp kembali angkat bicara soal pembaruan Persyaratan Layanan dan Kebijakan Privasi baru di platformnya. Hal ini dilakukan guna menepis sejumlah dugaan negatif yang beredar di kalangan pengguna WhatsApp.

Kebijakan baru WhatsApp soal berbagi data dengan Facebook tersebut memang menimbulkan pertanyaan dari penggunanya. (Baca: WhatsApp Ubah Kebijakan, Pengguna Harus Serahkan Data ke Facebook atau Hapus Akun)

Jika memilih menyetujui kebijakan baru, apakah chat dan percakapan telepon jadi bisa disadap Facebook. Apakah lokasi dan daftar kontak pengguna juga bisa diintip. Inilah sebagian pertanyaan dan keresahan dari pengguna setelah mendapat notifikasi pada 7 Januari 2021.

WhatsApp kemudian merilis pernyataan terbaru untuk menjawabnya. Ini bisa disebut klarifikasi kedua WhatsApp setelah mengumumkan kebijakan privasi baru pada awal Januari lalu.

(Baca juga: Klarifikasi WhatsApp soal Kebijakan Berbagi Data dengan Facebook)

Dalam pernyataan yang diterima KompasTekno, Selasa (12/1/2021), WhatsApp memberikan sejumlah pernyataan. Berikut lima pernyataan WhatsApp yang mungkin bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan penggunanya.

1. WhatsApp dan Facebook tidak dapat melihat pesan pribadi mendengar percakapan telepon Anda

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

WhatsApp menjelaskan bahwa kebijakan baru tersebut tidak akan berdampak pada privasi pesan pengguna.

"Kami ingin memberi kejelasan bahwa pembaruan kebijakan privasi tersebut tidak memengaruhi privasi pesan-pesan yang Anda kirim kepada teman atau keluarga dalam cara apa pun," tulis pihak WhatsApp, dalam keterangan pers kepada KompasTekno.

Menurut WhatsApp, pembaruan ini hanya mencakup perubahan yang berhubungan dengan berkirim pesan ke akun bisnis, yang bersifat opsional di WhatsApp.

Selain itu, WhatsApp menegaskan bahwa dalam kebijakan privasi dan persyaratan layanan baru ini, percakapan pribadi masih menggunakan sistem enkripsi secara end-to-end.

2. WhatsApp tidak mencatat dan menyimpan pesan dan panggilan yang Anda lakukan

WhatsApp maupun Facebook mengklaim tidak dapat mengakses percakapan pribadi pengguna. Hal ini juga berlaku untuk riwayat panggilan telepon di aplikasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.