Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Axiata Alokasikan Belanja Modal Rp 7 Triliun untuk Kembangkan Jaringan

Kompas.com - 23/04/2021, 17:08 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Operator seluler Xl Axiata mengalokasikan anggaran belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 7 trilun untuk tahun 2021. Jumlah ini tidak jauh berbeda dengan capex XL Axiata dalam beberapa tahun sebelumnya.

Director/Chief Finance Officer XL Axiata Budi Pramantika mengatakan anggaran ini akan difokuskan untuk mengembangkan jaringan.

"Kita akan terus fokus capex kita untuk meningkatkan layanan 4G, terutama terkait program fiberirasasi jaringan," kata Budi dalam sesi tanya jawab paparan RUPS Tahunan XL Axiata 2021 yang berlangsung secara virtual, Jumat (23/4/2021).

Baca juga: Gagal Dapat Frekuensi 2,3 GHz, XL Fokus Optimalkan 4G LTE

Menurut Budi, fiberisasi jaringan yang telah dilakukan perusahaannya dalam beberapa tahun belakang menguntungkan pelanggan maupun perseroan. Budi menjelaskan bahwa data yang ditransmisi melalui jaringan fiber lebih baik dibanding microwave.

Selain itu, penggunaan microwave juga memiliki beberapa kekurangan, seperti umurnya yang pendek, perawatan yang mahal, dan juga pajak.

"Fiberisasi sebenarnya memberikan experience yang lebih tinggi (ke pengguna), tapi di sisi lain itu bagus juga untuk cost saving," papar Budi.

Adapun sumber capex tahun ini lebih banyak berasal dari cash internal perusahaan. Selain itu, modal juga akan datang dari pendanaan eksternal, termasuk beberapa fasilitas pinjaman yang jatuh tempo.

Baca juga: XL Axiata Bagikan Dividen Rp 339,4 Miliar ke Pemegang Saham

"Tahun ini sekitar Rp 1,5 triliun pinjaman akan jatuh tempo, tapi kita berencana melakukan refinancing (utang)," imbuh Budi.

Secara terpisah, melansir Kontan.co.id, XL Axiata juga berencana menambah base transceiver station (BTS) dengan jumlah yang relatif sama dengan tahun 2020.

Sepanjang tahun 2020 XL Axiata menambah 14.761 unit BTS, dari 130.271 unit pada tahun 2019. Total BTS XL Axiata saat ini tercatat ada 144.978 unit, di mana 54.297 adalah BTS 4G, 53.235 BTS 3G, dan 37.446 BTS 2G.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com