Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indosat Selesai Uji Kelayakan 5G, Komersialisasi Sebentar Lagi?

Kompas.com - 09/06/2021, 12:02 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Operator seluler Indosat Ooredoo disebut telah menyelesaikan tahap Uji Laik Operasi (ULO) untuk menggelar jaringan 5G di Indonesia.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Dedy Permadi. Menurut dia, proses tersebut sudah rampung sekitar minggu lalu.

"Indosat telah melaksanakan ULO 5G di pita frekuensi 1.800 MHz, pada tgl 3-4 Juni 2021," kata Dedy ketika dihubungi KompasTekno, Rabu (9/6/2021).

Baca juga: Ponsel Sudah Dukung 5G Telkomsel, Kenapa Belum Bisa Digunakan?

"Kominfo sedang memproses Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) yang akan dikeluarkan oleh Dirjen PPI atas nama Menteri Kominfo," imbuh Dedy tanpa menyebutkan kapan SKLO untuk Indosat akan diterbitkan.

Namun Dedy tidak menyebut secara gamblang apakah Indosat lolos ULO 5G atau tidak. Ia hanya mengatakan bahwa pengumuman tersebut bakal disampaikan ketika SKLO untuk jaringan 5G Indosat resmi dirilis.

Di kesempatan terpisah, pihak Indosat tidak berkata banyak. SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo, Steve Saerang hanya mengatakan bahwa pihaknya terus bekerja sama dengan Kominfo.

"Saat ini Indosat Ooredoo terus berkordinasi intensif dengan Kemenkominfo untuk seluruh proses ULO 5G," ujar Steve ketika dihubungi KompasTekno.

Sebelum Indosat, operator seluler Telkomsel telah melaksanakan ULO 5G terlebih dahulu pada 19 - 21 Mei 2021 lalu, dan dinyatakan lolos pada 24 Mei 2021.

Baca juga: Belum Ada Smartphone yang Bisa Terkoneksi Sinyal 5G di Indonesia, Ini Penjelasannya

Tak lama kemudian, Telkomsel meluncurkan jaringan 5G secara komersil dan terbatas di beberapa wilayah pada 27 Mei 2021 dan sekaligus merupakan operator pertama di Indonesia yang menggelar jaringan 5G secara publik. 

Wajib ULO 5G

Jaringan 5G Telkomsel di ponsel Oppo Reno5 5G.Oppo Indonesia Jaringan 5G Telkomsel di ponsel Oppo Reno5 5G.

Sebagai informasi, operator seluler di Indonesia yang akan menggelar jaringan 5G wajib melakukan ULO terlebih dahulu.

Hal itu tertuang di Pasal 82 PM Kominfo 1/2010 tentang Penyelenggaraan Jaringan Telekomunikasi.

Baca juga: Telkomsel, Operator Pertama yang Lakukan ULO 5G di Indonesia

Dalam pasal tersebut dijelaskan bahwa ULO diperlukan untuk setiap penambahan kapasitas dan peluasan lokasi, atau relokasi yang mengalami perubahan teknologi.

Perubahan teknologi yang dimaksud adalah perubahan sesuai standar yang ditetapkan International Telecommunication Union (ITU), perubahan penggunaan spektrum frekuensi radio, dan/atau perubahan penggunaan sistem dari analog ke digital.

Adapun gelaran jaringan 5G masuk dalam kriteria perubahan teknologi tersebut.

Dalam uji kelayakan operasional, ada beberapa hal yang akan dilihat, antara lain kesesuaian sertifikat perangkat, serta uji sistem dan kesesuaiannya dengan teknologi seluler lain yang dimiliki penyelenggara.

Selain itu, jasa telepon dasar dan jasa multimedia layanan akses internet pada jaringan mobile broadband yang dimiliki penyelenggara juga ikut dievaluasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com