Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Game PC Bikinan Developer Indonesia yang Patut Ditunggu

Kompas.com - 09/06/2024, 11:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Industri game komputer (PC) bikinan developer Indonesia kian berkembang dalam segi kualitas. Hal ini dibuktikan dari berbagai penghargaan yang diperoleh game Indonesia, yang mencerminkan respons positif terkait game tersebut.

Game A Space for the Unbound bikinan Mojiken misalnya, mendapatkan nominasi "Games for Impact" (Game dengan Pengaruh) di acara penghargaan game berskala global The Game Awards 2023.

Nominasi ini diberikan kepada game yang memiliki makna dalam atau peran pro-sosial.

Di samping itu, ada pula Coral Island karya Stairway Games, yang menjadi finalis di acara penghargaan platform distribusi game Steam, The Steam Awards 2023, tepatnya dalam kategori "Sit Back and Relax" alias game dengan tempo permainan santai.

Baca juga: Developer Indonesia Akui Game Buatannya Lebih Laku di Luar Negeri

Permainan simulasi kehidupan ini juga menjadi pemenang penghargaan Cozy & Family Friendly Games Celebration 2024, untuk kategori permainan santai (cozy) terbaik.

Deretan penghargaan ini membuktikan bahwa karya anak bangsa benar-benar bisa bersaing di kancah internasional. Hal ini juga membuat gamer Indonesia penasaran, apakah kualitas seperti ini bisa dipertahankan atau ditingkatkan ke depannya.

Pengguna bisa menunggu kehadiran berbagai game PC bikinan developer Indonesia, yang bakal diluncurkan dalam beberapa waktu mendatang, mulai dari 2024 ini hingga 2025 mendatang.

Berikut ini game PC buatan developer Indonesia yang patut ditunggu.

1. Whisper Mountain Outbreak

Whisper Mountain OutbreakKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Whisper Mountain Outbreak
Game pertama dalam daftar (list) ini adalah Whisper Mountain Outbreak, yakni game multiplayer pertama Toge Productions. Studio ini sebelumnya sudah berpengalaman dalam membuat berbagai game singleplayer, seperti Coffee Talk dan seri Infectonator.

Whisper Mountain Outbreak mengisahkan operasi penambangan di Gunung Bisik yang tak sengaja membangkitkan monster kuno. Monster ini kemudian memanggil pasukan zombi yang menyerang kota fiksi Daha.

Pemain dan ketiga gamer lainnya yang terjebak di kota itu bakal bekerja sama untuk bertahan hidup serta mencari jalan keluar.

Pengguna bakal menelusuri peta (map) yang luas, dan melindungi dirinya menggunakan pemukul bisbol, pistol, dan senjata lainnya. Senapan api seperti pistol memiliki amunisi yang terbatas, sehingga pengguna harus cerdik menggunakannya.

Serangan zombi ini menggunakan mekanisme gelombang (wave) ala mode zombi di game shooter Call of Duty.

Baca juga: Toge Productions Akuisisi Mojiken Studio, Pengembang Game A Space for the Unbound

Masing-masing gelombang bakal diramaikan sejumlah zombi, dan ketika semua zombi itu berhasil ditumpaskan, pengguna bakal diberi waktu untuk bernapas, menelusuri peta, dan mengerjakan puzzle.

Whisper Mountain Outbreak mengambil inspirasi dari Resident Evil Outbreak, Left 4 Dead 2, Siren, The X Files, dan Ju-On. Dengan begitu, pengguna yang menyukai game, serial televisi, dan film di atas patut menunggu game ini.

Game horor ini dipastikan dirilis di PC lewat platform distribusi Steam. Akan tetapi, Toge Productions belum mengumbar tanggal rilis dan harga jual game ini secara resmi.

Pengguna bisa menyimak hands-on KompasTekno lewat artikel "Mencoba 'Whisper Mountain Outbreak', Game Multiplayer Pertama Bikinan Toge Productions".

2. Troublemaker 2: Beyond Dream

Troublemaker 2: Beyond DreamSteam Troublemaker 2: Beyond Dream
Game berikutnya adalah Troublemaker 2: Beyond Dream yang dikembangkan oleh Gamecom Team dan diterbitkan oleh publisher indie.io.

Seperti namanya, game ini merupakan sekuel dari Troublemaker yang pertama kali dirilis pada Maret 2023. Troublemaker sendiri dulunya mengadopsi nama Parakacuk, dan sekarang juga mendapatkan adaptasi film live-action yang digarap bersama Lyto Pictures.

Troublemaker 2: Beyond Dream mengambil waktu dua tahun setelah ending dari Troublemaker pertama. Dengan begitu, idealnya pengguna sudah pernah bermain Troublemaker orisinal sebelum menjajal sekuelnya itu.

Dalam game ini, pengguna bisa bermain dua karakter, yakni karakter baru Jordan dan tokoh utama dari Troublemaker pertama, Budi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com