Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sega dan Microsoft Kerja Sama Layanan Cloud Gaming

Kompas.com - 02/11/2021, 07:17 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan pengembang dan pendistribusi software dan hardware video game asal Jepang, Sega mengumumkan aliansi strategis dengan Microsoft, pada Senin (1/11/2021).

Dalam sebuah posting di laman resmi, Sega mengatakan kesepakatan ini tercipta agar perusahaan dapat mengembangkan dan memproduksi video game "global berskala besar" dengan memanfaatkan teknologi cloud gaming Microsoft Azure.

"Dengan kemitraan ini, memungkinkan bisnis untuk bergerak maju dengan "Super Game", sebuah inisiatif baru untuk mengembangkan judul baru dan inovatif di mana fokus utamanya adalah 'Global', 'Online', 'Komunitas', dan 'Pemanfaatan IP'," kata Sega dalam laman resminya.

Baca juga: Google Stadia Sudah Bisa Dimainkan di Samsung Galaxy, Asus, dan Razer

Dalam pengumuman aliansi strategis dengan Microsoft ini, Sega tidak merinci lebih lanjut apakah kesepakatan ini akan menghasilkan judul video game ekslusif, termasuk investasi modal atau tidak.

Meski demikian, kemitraan dengan Microsoft ini mencerminkan upaya Sega untuk membangun video game yang cocok untuk masa depan, di mana konektivitas online bakal lebih cepat dan lebih luas daripada sebelumnya, karena kehadiran jaringan 5G.

Dengan begitu, konsumen akan dapat memainkan lebih banyak konten video game kapan pun dan di mana pun mereka berada.

"Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan proses pengembangan dan terus menghadirkan pengalaman video game berkualitas tinggi kepada pemain yang menggunakan teknologi cloud Azure," kata Sega.

Baca juga: Sega Jual Bisnis Game Arcade Imbas Pandemi Covid-19

Ke depannya, tak menutup kemungkinan, Sega juga memanfaatkan teknologi cloud Microsoft Azure untuk mendukung versi baru dari seri game populer perusahaan, seperti Phantasy Star Online, Yakuza, atau Sonic The Hedgehog, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PCMag, Selasa (2/11/2021).

Dalam pengumuman kemitraan ini, Microsoft menambahkan "Bersama-sama kita akan membayangkan kembali bagaimana game dibangun, di-hosting, dan dioperasikan, dengan tujuan menambah nilai lebih bagi pemain dan Sega".

Bagi Microsoft sendiri, streaming atau cloud gaming menjadi salah satu target perusahaan di masa mendatang.

Baca juga: Microsoft Luncurkan Fitur Cloud Gaming Project xCloud untuk Xbox

Perusahaan pembuat gonsol Xbox ini sudah mulai mendukung sistem langganan cross-platform untuk menciptakan ekosistem gaming lintas perangkat.

Microsoft berharap bisa menghapus batasan konsol yang sangat terbatas dan berharap semua game bisa dimainkan di semua perangkat.

Misalnya, pada September 2020, Microsoft meluncurkan fitur "cloud gaming" Project xCloud untuk konsol Xbox melalui Game Pass.

Fitur Project xCloud memungkinkan sejumlah game yang di konsol Xbox bisa dimainkan di semua perangkat Android dengan cara streaming pada koneksi internet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com