Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game Lawas PS2 Ini Meluncur Lagi di Xbox Series X/S dan PC

Kompas.com - 14/06/2023, 09:04 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Gematsu

KOMPAS.com - Pencinta game JRPG (Japanese Role-Playing Game) seri Persona, boleh bersuka cita. Pasalnya, pengembang sekaligus penerbit game Atlus, mengumumkan kehadiran game lawas Persona 3 di konsol next-gen.

Konsol yang kebagian game remake dari Persona 3 versi PlayStation 2 ini adalah Xbox Series X/S, Xbox One, dan PC.

Kehadiran game PlayStation lawas di Xbox ini diumumkan dalam ajang pamer game terbaru Xbox, Xbox Games Showcase 2023 pekan ini.

Persona 3 yang di-remake nantinya akan diberi judul "Persona 3: Reload".  Sebagai versi remake, game dengan gameplay turn-based atau giliran ini bakal menghadirkan alur cerita yang sama seperti versi lawasnya.

Adapun "Persona 3" bercerita tentang seorang protagonis yang baru saja berpindah ke SMA Gekkoukan di kota Iwatodai.

Baca juga: Game Final Fantasy XVI Bisa Dicoba Gratis di Indonesia, Begini Caranya

Persona 3 ReloadGematsu Persona 3 Reload
Saat sedang menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, protagonis ini menghadapi sebuah fenomena yang disebut "Dark Hour". Fenomena yang membekukan dunia dan waktu ini dipenuhi monster "Shadows" berbahaya.

Protagonis yang diserang oleh "Shadows" ini akhirnya membangkitkan kekuatan misterius bernama "Persona". Ia bersama rekan-rekannya berusaha mengungkap kebenaran di balik fenomena "Dark Hour".

Meskipun plotnya sama persis, versi remake dari game keluaran 2006 ini menghadirkan grafik yang lebih memukau ala "Persona 5", sistem pertarungan (combat) yang diusung, dan audio yang lebih berkualitas.

Visual remake yang lebih ciamik dapat dilihat dari cuplikan video (trailer) yang dipamerkan di live stream Xbox Showcase 2023.

Berdasarkan cuplikan tersebut, terlihat grafik tiga dimensi (3D) dengan kualitas yang lebih tinggi dibanding game orisinalnya. Model karakter, "Persona", dan "Shadows" tampak punya detail yang lebih baik.

Persona 3 ReloadGematsu Persona 3 Reload
Tak hanya itu, tampilan antarmuka (UI) menu dan combat dibalut dengan sentuhan yang stylish seperti pada "Persona 5". Bedanya, "Persona 3 Reload" menggunakan warna biru khas "Persona 3", bukan trio merah, hitam, dan putih.

Beralih ke sistem combat, gamers kini bisa mengontrol serangan setiap rekan tim seperti game RPG pada umumnya.

Sebelumnya, mekanisme ini hanya tersedia di "Persona 3 Portable", sedangkan "Persona 3 FES" dan "Persona 3" versi reguler mengandalkan kecerdasan buatan (AI).

Sekadar informasi, "Persona 3 FES" adalah versi peningkatan dari "Persona 3" versi reguler yang diluncurkan tahun 2007.

Peningkatan yang dimaksud mencakup epilog yang baru, berbagai misi tambahan, dan implementasi tingkat kesulitan "Hard Mode".

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com