Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Keyboard Mekanik dan Perawatannya

Kompas.com - 19/06/2023, 13:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat berbagai jenis keyboard yang biasa digunakan pengguna dalam kegiatan sehari-hari, salah satunya adalah keyboard mekanik. Keyboard mekanik memiliki saklar di bawahnya yang menghasilkan suara yang lebih keras dibandingkan dengan keyboard membran lainnya.

Keyboard mekanik ini menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian pengguna, terutama para gamer. Meskipun terlihat sepele, keyboard merupakan salah satu alat komputer yang juga memiliki perawatan kebersihan khusus agar tetap awet dan tidak mudah rusak. 

Adapun setiap jenis keyboard juga memiliki perawatan dan cara membersihkan yang berbeda. Salah satunya saat membersihkan keyboard mekanik. Bagi Anda yang ingin membersihkan keyboard mekanik, berikut ini langkah-langkah dan cara perawatannya. 

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Anda Pertimbangkan Sebelum Membeli Keyboard Laptop Baru

Matikan tombol keyboard

Pertama, cabut keyboard dengan hati-hati dari sambungan laptop. Jika keyboard mekanik adalah jenis wireless, tekan tombol off pada bagian power on/off yang biasanya terletak di bagian belakang keyboard.

Foto keyboard sebelum membersihkannya

Hal ini berguna agar Anda dapat memasang kembali huruf pada keyboard dengan benar dan tepat. Ambil foto keyboard secara menyeluruh sebelum membongkar satu per satu untuk membersihkannya.

Mulai melepaskan huruf satu per satu menggunakan keycap puller

Keycap puller merupakan alat khusus unntuk menarik keycaps/tombol keyboard mekanik satu per satu. Alat ini bisa Anda dapatkan dari berbagai marketplace di Indonesia. Tarik huruf satu per satu dengan keycaps puller dan letakkan dalam wadah tertentu agar tidak hilang dan tetap aman.

Cuci keycaps dengan air hangat

cara bersihkan keyboard mekanikhttps://www.tomsguide.com/ cara bersihkan keyboard mekanik

Letakkan keycaps dalam wadah yang berisi air hangat dan tambahkan sedikit sabun cuci piring. Gosok perlahan keycaps dan biarkan selama 30 hingga 60 menit. Setelah direndam beberapa saat, gunakan saringan untuk menghilangkan air sabun.

Kemudian bilas keycaps secara menyeluruh dengan air bersih dan tiriskan di atas tisu. Setelah air cukup terserap, keringkan keycaps satu per satu menggunakan pengering rambut atau kain kering.

Bersihkan badan keyboard menggunakan kapas dan alkohol

Gunakan beberapa kapas yang diberi sedikit alkohol isopropil untuk membersihkan celah di antara sakelar keyboard dengan hati-hati. Perlu diingat untuk menggunakan alkohol isopropil secukupnya agar tidak merusak PCB keyboard Anda. Setelah itu, biarkan keyboard mengering.

Pasang kembali keycaps

Setelah badan keyboard dan keycaps mengering pasang huruf keyboard satu per satu sesuai dengan foto yang telah Anda ambil sebelumnya. Pasang dengan hati-hati dan pastikan setiap kunci diorientasikan dengan benar. Tekan tutup tombol untuk memasangnya kembali.

Uji keyboard Anda

Setelah keycaps terpasang dengan baik dan benar di keyboard Anda, cobalah untuk menguji keyboard. Anda dapat mencoba di situs https://www.keyboardtester.com/ untuk memastikan keyboard kembali berjalan normal dan baik.

Baca juga: Keyboard Laptop Terkena Air? Begini Cara Mengatasinya

Perawatan keyboard mekanik

Selain membersihkan, berikut adalah beberapa tips perawatan keyboard mekanik sehari-hari:

Membersihkannya secara teratur

Jangan lupa menjadwalkan membersihkan keyboard secara rutin. Keyboard yang digunakan hampir setiap hari akan terkena kotoran seperti debu, cairan, dan lainnya. Kotoran yang menumpuk dapat mengurangi sensitivitas keyboard mekanik.

Hindari makanan dan minuman dekat keyboard

Untuk menjaga keyboard tetap bersih, sebaiknya hindari makanan dan minuman di dekat keyboard mekanik. Hal ini dapat mengurangi risiko remah makanan atau tumpahan air yang tidak disengaja.

Jaga keyboard tetap kering

Kelembaban berlebih dapat merusak keyboard dengan cepat. Pastikan keyboard selalu dalam keadaan kering dan hindari menyimpannya di tempat yang lembab.

Hindari menekan keyboard terlalu keras

Untuk menjaga tombol keyboard tetap stabil dan sensitif, hindari menekan tombol terlalu keras. Cukup mengetik dengan ringan tanpa terlalu menekannya dengan keras. 

Baca juga: Keyboard Android Gboard Dirombak, Apa Saja Bedanya?

Demikian cara membersihkan keyboard mekanik dan tips perawatannya sehari-hari. Selain keyboard mekanik, terdapat berbagai jenis keyboard lainnya. Anda dapat menyimak berbagai jenis keyboard dalam artikel "9 Jenis Keyboard Komputer serta Fungsinya". Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com