Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ExpertBook P1412 Kantongi TKDN 25 Persen, Laptop Pertama Asus Rakitan Indonesia

Kompas.com - 20/06/2023, 08:31 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Asus mulai memproduksi laptop di Indonesia sejak November 2022, dengan menggandeng PT Sat Nusapersada sebagai mitra produksi. Laptop pertama Asus yang dibuat di dalam negeri adalah ExpertBook P1 (P1412).

Menurut Commercial Product Manager Asus, Aldy Ramadiansyah, nilai tingkat komponen dalam negeri (TKDN) Asus ExpertBook P1412 mencapai 22 persen.

"(TKDN) Sekitar 22 persen. Dengan BMP (jadi) 30-an persen," ujarnya dalam media visit ke lini produksi Asus di PT Sat Nusapersada, Batam, Selasa (20/6/2023).

BMP atau Bobot Manfaat Perusahaan merupakan nilai penghargaan yang diberikan kepada Perusahaan Industri yang berinvestasi dan berproduksi di Indonesia.

Baca juga: Laptop Pertama Asus Produksi Indonesia Dirakit di Batam

Adapun komponen lokal yang melengkapi ExpertBook P1412 antara lain komponen karton untuk kemasan laptop, adaptor charger, buku manual, hingga label-label yang terpasang di laptop maupun kemasannya.

Selebihnya, hardware jeroan laptop meliputi prosesor, baterai, kipas, memori, port USB/HDMI, modul WiFi dan lainnya masih diimpor dari China atau Taiwan.

Menurut Aldy, Asus menargetkan ExpertBook P1412 diproduksi hingga 100 unit per hari, yang terdiri atas bermacam stock keeping unit (SKU), dengan spesifikasi chipset, kapasitas hard disk, dan RAM yang berbeda-beda.

Asus ExpertBook P1412.ASUS Asus ExpertBook P1412.

Sejauh ini Asus ExpertBook P1412 dan ChromeBook menjadi dua laptop Asus yang diproduksi di Indonesia. Ke depannya Aldy menjanjikan model lain juga diproduksi di Indonesia, tepatnya di Sat Nusapersada.

Baca juga: ExpertBook P1412 Meluncur, Laptop Pertama Asus yang Dibuat di Indonesia

Misi utama Asus memproduksi laptop di Indonesia adalah untuk bersaing dengan vendor laptop lain, di segmen government (pemerintahan).

Dengan memenuhi TKDN 25 persen, maka perusahaan bisa ikut proyek tender pengadaan barang yang dilakukan pemerintah, seperti laptop.

Kementerian Perindustrian juga memberikan opsi, yaitu TKDN kurang dari 25 persen, asalkan ditambah dengan nilai Bobot Manfaat Perusahaan (BMP), sehingga akumulasinya menjadi 25 persen atau lebih.

Nah, guna memenuhi syarat itulah Asus memproduksi ExpertBook P1 di manufaktur Sat Nusapersada di Batam, Kepualauan Riau. Sebelumnya, berbagai laptop Asus yang dijual di Indonesia masih diimpor dari China atau Taiwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com