Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laptop Bisnis 2-in-1 Asus ExpertBook B6 Flip Resmi di Indonesia, Harga Rp 50 Juta

Kompas.com - 14/06/2023, 17:30 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Asus merilis laptop seri ExpertBook terbarunya di Indonesia, yaitu ExpertBook B6 Flip.

Laptop ini merupakan laptop konvertibel alias 2-in-1. Artinya, laptop ini bisa digunakan sebagai tablet dengan memutar layar 360 derajat hingga memunggungi keyboard.

Laptop yang ditujukan untuk para pebisnis dan pekerja seni ini dibekali dengan hardware yang cukup mumpuni.

Bahkan, Asus mengeklaim ExpertBook B6 Flip sebagai komputer (PC) yang bisa menangani beban kerja berat, alias workstation, yang hadir dalam form factor laptop. Sehingga, pengguna profesional bisa membawa laptop ini kemana-mana.

Menyoal hardware, ExpertBook B6 Flip ditenagai dengan prosesor (CPU) Intel Core i7-12850HX yang berjalan di atas Intel vPro, sebuah platform PC Intel untuk kepentingan bisnis.

Baca juga: Laptop Asus ROG Flow Z13 Edisi Acronym Bisa Dipesan di Indonesia, Ini Harganya

Prosesor yang terdiri dari 16 inti alias core dan 24 threads ini memiliki kecepatan clock hingga 4,8 GHz dan cache sebesar 25 MB dengan konsumsi daya maksimal 55 watt.

Asus ExpertBook B6 Flip.Asus Asus ExpertBook B6 Flip.
Untuk mendukung kinerja visual, ExpertBook B6 Flip juga dibekali dengan pengolah grafis (GPU) Nvidia Quadro RTX A2000 yang memiliki konsumsi daya maksimal 80 watt

GPU dengan memori 8 GB ini diklaim dapat menjalankan berbagai proses 3D, pembuatan animasi, produksi desain grafis, machine learning, dan kegiatan serta pemrosesan data lainnya dengan lancar tanpa hambatan. 

Asus mengeklaim dengan konsumsi daya CPU dan GPU yang cukup tinggi tadi (total 135 watt), performa ExpertBook B6 Flip akan cukup tangguh untuk menjalankan sejumlah aplikasi profesional.

Beberapa di antaranya seperti aplikasi untuk kegiatan arsitektur dan engineering macam Revit, 3dsMax, hingga Maya, serta aplikasi desain dan manufaktur Creo, SolidWoks, Microstation, Adobe Premiere, dan lain sebagainya.

Masih soal hardware, ExpertBook B6 Flip juga dibekali RAM LPDDR5X (4.800 MHz) 32 GB yang bisa ditingkatkan hingga 128 GB, serta media penyimpanan SSD dengan kapasitas hingga 4 TB. 

Asus ExpertBook B6 Flip.Asus Asus ExpertBook B6 Flip.

Asus mengeklaim SSD yang ada di dalam laptop ini sudah berteknologi TCG Opal SSD. Teknologi ini memungkinkan SSD mendukung fitur self-encryption untuk melindungi data-data yang tersimpan di dalamnya. 

Baca juga: Asus Ungkap Tanggal Peluncuran Resmi Konsol ROG Ally di Indonesia

Beralih ke aspek tampilan, ExpertBook B6 Flip mengadopsi layar sentuh (touchscreen) LED 16 inci dengan resolusi WQXGA, tingkat kecerahan 500 nits, dengan warna DCI-P3. 

Layar laptop ini mendukung aksesori stylus serta hadir dengan dukungan fitur Windows Hello yang sudah disematkan ke dalam webcam IR 1080p.

Fitur pendukung lainnya yang ada di laptop ini mencakup WiFi 6E, Bluetooth 5.3, konektor USB-C 3.1 Gen 2, konektor Thunderbolt 4, baterai 90WHrs, speaker Harman/Kardon, serta sistem operasi Windows 11 Pro. 

Ada pula fitur Nvidia Max-P Dynamic Boost untuk meningkatkan performa grafis lebih lanjut, serta sistem pendingin dengan 98 kipas yang diklaim akan tetap hening dengan intensitas suara 40dbA. 

Di Indonesia, Asus menjual ExpertBook B6 Flip dengan harga Rp 50 juta. Dengan harga tersebut, laptop berbobot 2,7 kg dengan dimensi ketebalan 2,7 cm ini juga akan mendapatkan jaminan garansi 3 tahun yang termasuk dalam program Asus Expert Warranty.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com