Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartphone Ini Punya Baterai 8.150 mAh, Bisa Tahan 18 Hari

Kompas.com - 20/06/2023, 17:00 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Produsen ponsel asal China, Ulefone Mobile, meluncurkan smartphone Android terbarunya yang bernama Power Armor X11. Ponsel ini merupakan pelengkap dari Power Armor X11 Pro yang sudah dirilis lebih dulu pada September 2022.

Sama seperti "saudaranya", ponsel ini ditujukan bagi para pengguna aktif yang sering beraktivitas di luar ruangan. Bahkan, pengguna tak perlu repot-repot mengisi daya baterai perangkat ini setiap saat.

Sebab, Ulefone menyematkan baterai jumbo dengan kapasitas 8.150 mAh di power Armor X11. Ulefone mengeklaim baterai sebesar ini memungkinkan ponsel tahan selama 18,5 hari (444 jam) ketika dinyalakan dalam mode siaga (standby)

Ketika ponsel dengan baterai bongsor ini dipakai untuk berkomunikasi, maka perangkat tersebut diklaim kuat hingga 44 jam. Ulefone juga mengeklaim ponsel ini kuat hingga 12 jam ketika dipakai menonton video terus menerus, serta 10 jam ketika dipakai untuk bernavigasi. 

Baca juga: HP Wajib Pakai Baterai Lepas-Pasang di Eropa

Dalam pemakaian normal, Ulefone menyebut bahwa ponsel ini bisa dipakai hingga 4 hari dalam sekali pengisian daya. 

Tidak disebutkan apakah Power Armor X11 mendukung teknologi pengisian daya cepat atau tidak.

Namun, Ulefone menyebut bahwa ponsel berbaterai 8.150 mAh ini bisa digunakan untuk mengisi daya perangkat lain, alias dipakai sebagai power bank, via kabel USB tipe-C dengan kecepatan pengisian daya 5 watt.

Tahan di segala kondisi

Ilustrasi Ulefone Power Armor X11.Ulefone Ilustrasi Ulefone Power Armor X11.

Selain baterainya diklaim cukup awet, Ulefone juga menyebut bahwa Power Armor X11 tahan dipakai di segala kondisi. 

Pasalnya, smartphone ini memiliki desain layaknya perangkat tahan banting, di mana sekeliling bingkai dan cangkangnya dihiasi dengan lapisan pelindung kasar (rugged) yang mengusung tekstur karbon yang berserat.

Adapun tingkat ketahanan ponsel ini sudah teruji dan mendapatkan sertifikat MIL-STD-810H. Artinya, ponsel ini kuat dipakai di kondisi cuaca ekstrem, tingkat kelembapan tinggi, tekanan udara rendah, tahan terhadap benturan ekstrem, dan lain sebagainya.

Masih soal ketahanan, Ulefone juga mengeklaim Power Armor X11 sudah mendapatkan sertifikasi tahan debu dan air dengan IP rating IP68 dan IP69K. 

 Baca juga: 20 Aplikasi di Smartphone yang Paling Boros Baterai

Nah, meski ponsel ini dilapisi dengan material rugged, Ulefone mengeklaim bahwa Power Armor X11 tak seperti ponsel rugged pada umumnya yang tebal dan berat.

Sebab, smartphone ini diklaim cukup kecil, tipis, dan ringan untuk dipakai dan dibawa kemana-mana. Di atas kertas, Power Armor X11 memiliki dimensi mencapai 158 mm x 76,7 mm x 19,3 mm dengna bobot 330 gram.

Spesifikasi dan harga Power Armor X11

Ilustrasi Ulefone Power Armor X11.Ulefone Ilustrasi Ulefone Power Armor X11.
Ulefone Power Armor X11 mengusung layar IPS LCD dengan ukuran 5,45 inci dan resolusi HD Plus (720 x 1.440 piksel).

Ponsel ini dibekali dengan dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 16 MP (f/1.8) dan kamera depth sensor yang resolusinya tidak disebutkan. Di bagian depan, terdapat kamera selfie 5 MP (f/2.2) yang diletakkan di bagian atas layar atau "dahi" ponsel.

Pada sektor performa, Ulefone Power Armor X11 ditenagai dengan chipset Mediatek Helio A22 yang dipadukan dengan RAM 4 GB dan media penyimpanan (storage) 32 GB. Jika storage dirasa kurang, pengguna bisa memakai kartu microSD dengan kapasitas hingga 256 GB.

Fitur pendukung lain yang ada di Ulefone Power Armor X11 mencakup NFC, audio jack 3.5 mm, Bluetooth 5.0, konektivitas 4G, Face Unlock, serta sistem operasi Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka Stock Android. 

Di pasar global ponsel ini sudah bisa dibeli di situs resmi Ulefone dengan harga 150 dollar AS atau setara dengan Rp 2,2 juta, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizchina, Selasa (20/6/2023). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com