Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Aplikasi di Smartphone yang Paling Boros Baterai

Kompas.com - 27/04/2023, 19:10 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber pCloud

KOMPAS.com - Berbagai jenis aplikasi yang kini tersedia menawarkan sejumlah layanan dan fitur yang dapat meningkatkan produktivitas atau memudahkan pengguna mengerjakan pekerjaan.

Kendati demikian, semakin banyak aplikasi yang terinstal dan digunakan, performa daya perangkat juga akan ikut terpengaruh.

Apalagi, jika pengguna mengakses beberapa aplikasi dalam satu waktu, maka baterai perangkat biasanya akan cepat terkuras. Terutama, apabila menggunakan aplikasi yang memang boros baterai.

Menurut firma riset pCloud, terdapat sejumlah aplikasi populer di smartphone yang lebih banyak mengonsumsi daya dibanding aplikasi lain.

Baca juga: 10 Tips agar iPhone Tidak Boros Baterai

Riset itu dipublikasikan dalam laporan berjudul “Secret Phone Killers - Which apps are the most demanding on your phone?”.

Dalam laporan tersebut, pCloud menyebut ada beberapa aplikasi yang tetap berjalan di latar belakang meskipun sudah ditutup.

Aplikasi yang di-download juga meminta akses terhadap fungsi tertentu, seperti kamera, mikrofon, hingga lokasi. Permintaan akses seperti itu juga disebut bisa memengaruhi daya baterai.

Menurut pCloud, tiga faktor yang menentukan apakah aplikasi menguras baterai atau tidak adalah ketika aplikasi meminta izin akses lokasi atau kamera, baterai yang dikonsumsi aplikasi, hingga memiliki fitur mode gelap atau tidak.

Dalam penelitiannya, pCloud mengetes sebanyak 16 fungsi fitur yang dapat diakses masing-masing aplikasi, sebagai acuan dasar dalam penelitian.

Fungsi tersebut mencakup dark mode (mode gelap), akses file/foto di media, akses informasi Wi-Fi, kontak, storage (media penyimpanan), informasi panggilan, lokasi, kamera, kalendar, SMS, hingga pengaturan data.

Dari hasil temuannya, berikut adalah 20 aplikasi yang paling banyak menguras baterai smartphone, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari situs resmi pCloud, Kamis (27/4/2023).

  1. FitBit
  2. Verizon
  3. Uber
  4. Skype
  5. Facebook
  6. Airbnb
  7. Bigo Live
  8. Instagram
  9. Tinder
  10. Bumble
  11. Snapchat
  12. WhatsApp
  13. Zoom
  14. YouTube
  15. Booking.com
  16. Amazon
  17. Telegram
  18. Grindr
  19. Likke
  20. LinkedIn

Baca juga: Terbukti, Fitur Always on Display iPhone 14 Tidak Bikin Boros Baterai

FitBit dan Verizon menjadi aplikasi yang paling banyak menguras baterai dengan skor tertinggi, yakni 92,31 persen. Kedua aplikasi meminta izin akses 14 dari 16 fungsi fitur yang tersedia. Mulai dari akses kamera, mikrofon, lokasi, dan koneksi Wi-Fi.

Sementara itu, Facebook, Instagram, Snapchat, YouTube, WhatsApp, dan LinkedIn tercatat sebagai aplikasi media sosial yang paling banyak menguras baterai.

Enam aplikasi media sosial tersebut meminta sejumlah izin akses, seperti akses foto ke media, lokasi, mikrofon, dan Wi-Fi.

Namun, dari keenam aplikasi tadi, Instagram disebut paling tidak banyak menguras baterai karena menawarkan fitur dark mode. Fitur itu diklaim dapat menghemat 30 persen kapasitas baterai.

Halaman:
Sumber pCloud
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com