Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iOS 17 dan MacOS Sonoma Sudah Dukung Passkey Apple ID

Kompas.com - 21/06/2023, 17:03 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple terus menambah beragam fitur keamanan untuk membuat ekosistem mereka aman sentosa. Salah satu yang terbaru adalah menghadirkan dukungan fitur Passkey di sistem operasi terbaru iOS 17, iPadOS 17, dan MacOS Sonoma. 

Passkey adalah sebuah mekanisme masuk (login) ke dalam akun yang diklaim lebih aman dari kata sandi (password). 

Disebut lebih aman karena Passkey tidak menggunakan kata-kata atau kombinasi huruf, simbol, atau angka, melainkan menggunakan "kunci" rahasia atau sistem biometrik yang tersimpan di perangkat masing-masing. 

Baca juga: Cara Membuat Apple ID Baru atau Akun iCloud di HP dan Laptop

Dalam hal ini, Passkey memungkinkan pengguna yang memiliki akun Apple ID login ke beragam situs Apple, misalnya Apple.com, iCloud.com, dan lain sebagainya menggunakan aplikasi kamera atau informasi FaceID atau TouchID yang tersimpan di iPhone. 

Nah, dukungan Passkey di iOS17, iPadOS 17, dan MacOS Sonoma ini sendiri pertama kali diketahui oleh seorang pengguna Twitter yang gemar menelusuri berbagai fitur baru Apple, yiaitu Aaron @aaronp613.

Menurut dia, fitur Passkey ini akan muncul melalui tombol "Sign in with iPhone" di beberapa situs web yang mengharuskan pengguna masuk menggunakan Apple ID mereka.

Selain beragam situs web Apple, dukungan Passkey juga kabarnya bisa dipakai di beberapa situs web pihak ketiga yang menawarkan "Sign in with Apple" sebagai alternatif untuk masuk ke dalam situs web tersebut.

Ilustrasi dukungan Passkey di iOS 17, iPadOS 17, dan MacOS Sonoma.macrumors Ilustrasi dukungan Passkey di iOS 17, iPadOS 17, dan MacOS Sonoma.

Setelah menekan tombol Sign in with iPhone tersebut, pengguna nantinya bisa menggunakan aplikasi kamera di iPhone mereka untuk masuk ke akun Apple ID dengan cara memindai kode QR yang tersedia. 

Baca juga: 5 Aplikasi Alternatif iCloud buat Backup Data di iPhone atau iPad, Ada GDrive dan Dropbox

Selain itu, pengguna juga bisa menggunakan sistem biometrik Face ID atau Touch ID untuk masuk ke dalam situs web tersebut tanpa harus memasukkan password.

"Passkey kami hadirkan sebagai alternatif masuk ke dalam akun menggunakan password. Dan ini merupakan standar keamanan dari FIDO Alliance dan W3C yang terjamin lebih ampuh untuk meningkatkan keamanan akun," jelas Apple.

Untuk ketersediaan, pengguna bisa menjajal dukungan Passkey di sejumlah perangkat yang mendukung iOS 17, iPadOS 17, dan MacOS Sonoma dengan masuk ke beberapa situs web milik Apple, atau situs web pihak ketiga, menggunakan Apple ID. 

Perlu dicatat, fitur ini kabarnya baru bisa dijajal oleh para pengguna iOS 17, iPadOS 17, dan MacOS Sonoma versi beta, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari MacRumors, Rabu (21/6/2023). 

Namun, tidak semua pengguna beta dari OS bikinan Apple tersebut kebagian dukungan Passkey ini. Sehingga, fitur Passkey kemungkinan bisa dijajal oleh orang banyak ketika iOS 17, iPadOS 17, dan MacOS Sonoma versi final dirilis ke publik beberapa bulan mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com