Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama Kalinya, Harga Xbox Series X dan Game Pass Naik

Kompas.com - 23/06/2023, 08:04 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Microsoft menaikkan harga jual konsol Xbox Series X. Ini adalah pertama kalinya Microsoft melakukan penyesuaian harga terhadap konsol game tersebut.

Kenaikan harga ini akan efektif per 1 Agustus mendatang di sejumlah wilayah, yaitu Kanada, Inggris, sebagian besar negara di Eropa, dan Australia.

"Kami mempertahankan harga kosol kami selama bertahun-tahun dan sudah menyesuaikan harganya untuk merefleksi kondisi persaingan di setiap pasar," kata kepala komunikasi Xbox, Kari Perez .

Per 1 Agustus 2023 mendatang, harga Xbox Series X dibanderol 650 dollar Kanada (Rp 7,3 juta) dari sebelumnya 600 dollar Kanada.

Kemudian di Inggris harga Xbox Series X menjadi 480 poudsterling (Rp 9,1 juta) dan di sebagian besar negara Eropa seharga 550 euro (Rp 9 juta). Adapun di Australia, harganya menjadi 800 dollar Australia (Rp 8 juta).

Baca juga: Microsoft Berhenti Bikin Game Baru untuk Xbox One

Sementara itu, harga Xbox Series X di Amerika Serikat (AS), Jepang, Chili, Brasil dan Kolombia tidak mengalami kenaikan.

Xbox Series X sendiri belum masuk secara resmi ke Indonesia. Namun, kebanyakan distributor di Tanah Air mengambil Xbox Series X dari region Amerika Serikat, Brasil, atau Jepang. Sehingga kemungkinan harga Xbox Series X di Indonesia masih akan tetap sama.

Xbox Series X dan Series SXbox Xbox Series X dan Series S

Meski harga Xbox Series X naik, harga Xbox Series S masih stabil yakni dibanderol dengan harga lama di semua negara, yaitu seharga 250 dollar AS (Rp 3,7 juta).

Harga Xbox Game Pass juga naik

Tak hanya Xbox Series X, Microsoft juga menaikan harga Xbox Game Pass dari semula 10 dollar AS (Rp 149.000) menjadi 11 dollar AS (Rp 164.000) per bulan.

Begitu pula dengan harga Game Pass Ultimate yang naik dari 15 dollar AS menjadi 17 dollar AS (Rp 253.000).

Perubahan harga Game Pass akan mulai berlaku per 6 Juli 2023. Namun bila pengguna sudah langganan tahunan, mereka akan tetap menikmati harga lama tanpa biaya tambahan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Jumat (23/6/2023).

Baca juga: Game Lawas PS2 Ini Meluncur Lagi di Xbox Series X/S dan PC

Adapun harga Game Pass PC masih sama seperti sebelumnya yaitu seharga 10 dollar AS (Rp 149.000). Microsoft juga memberikan pengecualian untuk harga Xbox Game Pass di Norwegia, Chili, Denmark, Swiss, dan Arab Saudi. Harga Xbox Game di negara tersebut tidak dikoreksi.

Kenaikan harga ini tercatat baru pertama kali dilakukan oleh Microsoft, utamanya sejak perusahaan memperkenalkan Game Pass pada tahun 2017.

Namun raksasa teknologi ini mengeklaim bahwa keputusan perubahan harga ini tidak ada sangkut pautnya dengan akuisisi Activision Blizzard.

"Penyesuaian harga Game Pass tidak ada kaitannya dengan kesepakatan Activision Blizzard dan dimaksudkan agar sesuai dengan kondisi pasar lokal," ujar Perez.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com