Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game Final Fantasy XVI Meluncur di Indonesia, Ini Harganya

Kompas.com - 23/06/2023, 10:30 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Developer sekaligus publisher game asal Jepang, Square Enix resmi meluncurkan game JRPG (Japanese Role-Playing Game) terbarunya, "Final Fantasy XVI".

Game yang diluncurkan 7 tahun setelah perilisan "Final Fantasy XV" ini tersedia secara eksklusif di konsol terbaru Sony, PlayStation 5 (PS5).

Pengguna tidak perlu menamatkan deretan game lawas dalam seri "Final Fantasy" karena game ini bersifat berdiri sendiri (standalone) dari alur cerita pendahulunya.

Adapun "Final Fantasy XVI" mengisahkan tentang Clive Rosfield, seorang prajurit (First Shield) berusia 15 tahun dari kerajaan Rosaria, Valisthea.

Clive bertugas untuk menjaga adik kecilnya yang bernama Joshua, yang kebetulan memiliki kemampuan untuk memanggil sebuah monster bernama Eikon.

Baca juga: Game Final Fantasy XVI Bisa Dicoba Gratis di Indonesia, Begini Caranya

Misi itu berakhir tragis karena Eikon kegelapan, Ifrit, menghancurkan kerajaan Rosaria yang megah. Clive yang terpukul lantas berkelana untuk mencari Ifrit dan melancarkan balas dendamnya.

Dalam perjalanan ini, Clive mesti melawan berbagai monster Eikon yang tangguh. Begitu memenangkan duel maut ini, Clive mendapatkan kekuatan dan teknik bertarung dari Eikon tersebut.

Bicara soal Eikon, Clive nantinya mampu memanggil Eikon untuk melawan Eikon musuh dalam pertarungan yang epik. Sehingga, pemain seolah-olah menyaksikan duel antara monster "kaiju" yang raksasa.

Seperti game RPG pada umumnya, "Final Fantasy XVI" juga memiliki skill tree untuk mengakses berbagai kemampuan baru. Kemampuan ini diperoleh setelah pemain menukarkan "Ability Points" yang kemungkinan diperoleh setelah naik level.

Contohnya saja skill "Rising Flames" yang menghasilkan serangan api menyerupai sayap yang meluncurkan musuh ke udara.

Baca juga: Spesifikasi Minimum PC untuk Main Game Final Fantasy VII Remake Integrade

Bila menyukai skill yang sudah dibuka, pemain bisa melakukan upgrade kemampuan dengan menukarkan "Ability Points".

Sebaliknya jika tidak, gamers diizinkan untuk "membuang" skill tersebut dan mendapatkan kembali poin yang sudah ditukarkan. Poin ini kemudian dimanfaatkan untuk membuka atau upgrade skill lainnya.

Harga Final Fantasy XVI di Indonesia

Gamers di Indonesia sudah bisa menikmati game "Final Fantasy XVI" sejak Kamis (22/6/2023) kemarin. Berikut harga game tersebut sebagaimana dikutip KompasTekno dari PlayStation Store, Jumat (23/6/2023):

  • "Final Fantasy XVI" Standard Edition: Rp 1.029.000
  • "Final Fantasy XVI" Digital Deluxe Edition: Rp 1.329.000

Berikut konten yang diperoleh dalam pembelian Standard Edition:

  • Game "Final Fantasy XVI"
  • Bonus pre-order: Braveheart, Cait Sith's Charm dan Scholar's Spectacles

Sementara itu, berikut konten yang dinikmati gamers untuk Digital Deluxe Edition:

  • Seluruh konten Standard Edition
  • Digital Mini Artbook
  • Digital Mini Soundtrack

Sebelum membeli, gamers bisa terlebih dahulu mencicip demo gratis yang disediakan oleh Square Enix. Demo ini terbagi menjadi dua bagian, yakni konten prolog dari "Final Fantasy XVI" dan mode "Special Battle Demo".

Progres gamers dalam demo gratis ini bakal disimpan, sehingga nantinya gamers bisa melanjutkan petualangannya setelah membeli "Final Fantasy XVI".

Selengkapnya, simak rincian demo game JRPG ini dalam artikel "Game Final Fantasy XVI Bisa Dicoba Gratis di Indonesia, Begini Caranya".

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com