Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsol Genggam Asus ROG Ally Bisa Dipasangi GPU Eksternal

Kompas.com - 23/06/2023, 11:40 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Asus resmi menghadirkan konsol gaming portabel (handheld) terbarunya, ROG Ally di Indonesia.

Konsol gaming yang menjalankan sistem operasi (OS) Windows 11 ini hadir dengan beragam fitur menarik.  Salah satunya dukungan aksesori unit pengolah grafis (GPU) eksternal, XG Mobile yang bisa terhubung melalui konektor (port) di bingkai atas ROG Ally. 

XG Mobile adalah sebuah aksesori atau periferal dari Asus ROG yang memungkinkan kemampuan komputasi grafis laptop, dan perangkat sejenisnya macam ROG Ally, ditingkatkan lebih jauh lagi. 

Nah dengan dukungan XG Mobile, potensi ROG Ally untuk memainkan game kekinian alias "AAA" tentunya juga bisa didongkrak lagi, mungkin hingga performanya mendekati laptop atau PC gaming kelas atas.

Baca juga: Asus Klaim Performa Konsol Genggam ROG Ally Dekati PS5

Technical Public Relations Asus Indonesia, Riandanu Utomo mengatakan bahwa di Indonesia, ROG Ally mendukung beberapa XG Mobile yang sudah beredar di pasar.

"Beberapa model XG Mobile yang bisa dipakai di ROG Ally dan tersedia di Indonesia saat ini adalah XG Mobile Nvidia RTX 3070, RTX 3080, dan AMD Radeon RX 6800 XT," ungkap pria yang akrab disapa Danu itu kepada KompasTekno, Kamis (22/6/2023).

"Jadi bisa dikatakan, dengan dukungan XG Mobile di ROG Ally, pengguna bisa memiliki sebuah konsol gaming portabel yang memiliki GPU Nvidia RTX 3080. Tidak ada perangkat gaming handheld satu pun di dunia yang bisa melakukan ini," imbuh Danu. 

Harga XG Mobile di Indonesia

Ilustrasi Asus ROG XG Mobile.Asus Ilustrasi Asus ROG XG Mobile.

Di sejumlah toko atau mitra Asus di Indonesia, harga XG Mobile sendiri berkisar di angka Rp 20 juta - 25 juta.

Artinya, pengguna agaknya harus mengeluarkan uang sekitar Rp 30 jutaan apabila ingin membeli XG Mobile beserta ROG Ally.

Harga ROG Ally sendiri adalah Rp 10,1 juta untuk model Z1 dan Rp 11,3 juta untuk model Z1 Extreme. 

Meski cukup mahal, XG Mobile tak hanya bisa dipasangkan di ROG Ally saja, melainkan juga beberapa laptop 2-in-1 terbaru Asus dari seri ROG Flow.

Baca juga: Harga Resmi Konsol Game Asus ROG Ally di Indonesia, Mulai Rp 10 Jutaan

Asus mengumumkan harga resmi konsol ROG Ally di Indonesia, Kamis (22/6/2023). Konsol portable dengan OS Windows 11 ini dibanderol dengan harga mulai Rp 10 jutaan.KOMPAS.com/Bill Clinten Asus mengumumkan harga resmi konsol ROG Ally di Indonesia, Kamis (22/6/2023). Konsol portable dengan OS Windows 11 ini dibanderol dengan harga mulai Rp 10 jutaan.
Dengan kata lain, XG Mobile bisa dipakai sebagai "alat tambahan" untuk memainkan game mumpuni di beberapa perangkat Asus.

Baca juga: Membandingkan Konsol Handheld Steam Deck Vs Asus ROG Ally, Apa Saja Bedanya?

Terkait dukungan XG Mobile, Head of Public Relations Asus Indonesia, Muhammad Firman menyebut bahwa seiring berjalannya waktu, ROG Ally juga bakal mendukung XG Mobile versi-versi terbaru, tak hanya RTX 3070, RTX 3080, atau Radeon RX 6800 XT saja. 

"Di masa depan, pastinya kami akan datangkan terus XG Mobile terbaru di pasar Indonesia," jelas Firman di kesempatan yang sama.

Firman tidak menyebutkan model XG Mobile apa saja yang akan masuk Indonesia di kemudian hari.

Namun apabila mengacu pada pasar global, Asus sudah meluncurkan XG Mobile untuk varian RTX 4090 yang dibanderol 2.000 dollar AS (sekitar Rp 30 juta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com