Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktifkan Fitur WhatsApp Ini buat Cegah Penipuan, Bisa Bisukan Telepon Orang Asing

Kompas.com - 23/06/2023, 13:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Penipuan melalui aplikasi pesan instan WhatsApp (WA) punya beragam modus. Salah satunya penipu bakal menghubungi pengguna melalui telepon WA secara beruntun untuk menawarkan sesuatu dan menjebak.

Dengan adanya potensi penipuan melalui telepon WA seperti itu, pengguna perlu mengetahui cara mencegahnya. Untuk diketahui, WhatsApp kini telah memiliki fitur Silence Unknown Callers atau Heningkan Penelepon Tak Dikenal.

Baca juga: 4 Cara Setting Penyimpanan WhatsApp biar Tak Bikin Memori HP Penuh

Seperti namanya, fitur Silence Unknown Callers itu memungkinkan pengguna untuk membisukan atau mengheningkan telepon WA secara otomatis dari nomor telepon asing yang mencoba menghubunginya.

Saat fitur tersebut diaktifkan, WhatsApp bakal otomatis mengheningkan pemberitahuan panggilan dari nomor yang tak dikenal. Sehingga, pengguna tak akan lagi menjumpai notifikasi panggilan masuk dan jendela untuk menjawab panggilan dari nomor asing itu.

Pengguna bisa mengaktifkan fitur Heningkan Penelepon Tak Dikenal untuk mencegah atau membisukan panggilan WA dari orang asing yang bertujuan menipu pengguna. Lantas, bagaimana cara membisukan telepon WA dari orang asing melalui fitur tersebut.

Cara membisukan panggilan telepon WA dari orang asing secara otomatis bisa dilakukan dengan mudah pada menu pengaturan privasi. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai cara mengaktifkan fitur Silence Unknown Callers WA.

Cara membisukan panggilan telepon WA dari orang asing

  • Buka aplikasi WhatsApp di ponsel
  • Pilih menu “Settings” atau “Pengaturan”.
  • Selanjutnya, klik opsi “Privasi” dan pilih opsi “Panggilan”.
  • Terakhir, pada opsi tersebut, aktifkan opsi “Silence Unknown Callers” atau “Heningkan Penelepon Tak Dikenal”.

Ilustrasi cara membisukan panggilan telepon WA dari nomor asing.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membisukan panggilan telepon WA dari nomor asing.

Baca juga: Ramai Dibagikan Penipu di WA, Ini Ciri-ciri Aplikasi APK Jahat yang Wajib Dihindari

Cukup mudah bukan cara mengaktifkan fitur Silence Unknown Callers WA? Untuk diketahui, fitur ini sejatinya tidak benar-benar memblokir panggilan telepon dari nomor asing, tetapi hanya membisukan notifikasi dari panggilan tersebut..

Jadi, meski fitur Heningkan Penelepon Tak Dikenal diaktifkan, panggilan telepon dari orang asing tetap akan masuk dan tercatat riwayatnya.

Sama seperti panggilan WA lainnya, riwayat panggilan telepon dari nomor asing yang telah diheningkan lewat fitur Silence Unknown Callers, tetap akan muncul di menu “Panggilan” atau “Calls” pada aplikasi WhatsApp.

Jadi, pengguna masih bisa melihat nomor telepon asing yang menghubunginya dan melakukan tindakan lanjutan. Sebagai informasi, fitur Silence Unknown Callers tak pandang bulu dalam mengheningkan panggilan dari nomor asing.

Melalui fitur tersebut, semua nomor asing atau yang belum disimpan pengguna bakal disenyapkan secara otomatis saat menghubungi pengguna via telepon WA dengan riwayat yang tetap tercatat di menu “Calls”.

Dalam menu “Calls”, pengguna dapat menyeleksi mana nomor asing yang benar-benar hendak menghubungi untuk tujuan penting dan nomor asing yang terindikasi bakal melakukan aksi penipuan.

Baca juga: Waspada, Ini 5 Tips Menghindari Penipuan Online di WA yang Marak Terjadi Belakangan

Fitur Silence Unknown Callers dapat meminimalisir pengguna untuk berkontak langsung dengan penipu. Dengan disenyapkan dulu, pengguna bisa tidak langsung mengangkat telepon dari nomor asing yang berpotensi melakukan penipuan.

Demikianlah penjelasan mengenai cara membisukan panggilan telepon WA dari orang asing yang bisa berpotensi melancarkan aksi penipuan, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com