Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Find X6 Pro Masuk Indonesia atau Tidak, Oppo?

Kompas.com - 26/06/2023, 08:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo Find X6 Pro "main" ke Indonesia. Sedianya, ponsel flagship teranyar Oppo ini hanya dijual di pasar China.

Namun, kini, Oppo memamerkan ponsel Oppo Find X6 Pro ini di Tanah Air dalam rangka acara Oppo APAC (Asia-Pasifik) Vitality Imaging Tour yang berlangsung di Bali pada 25-26 Juni 2023.

Lantas, setelah dipamerkan, apakah Oppo Find X6 Pro bakal masuk dan dipasarkan di Indonesia?

Baca juga: Oppo Pamerkan Kemampuan Kamera Find X6 Pro di Indonesia

PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto memastikan bahwa Oppo Find X6 Pro ini hanya dipasarkan di China saja.

Artinya, hingga saat ini, ponsel flagship ini tidak akan dipasarkan secara global, termasuk tidak dijual di Indonesia. Seri Find X terakhir yang masuk ke Indonesia adalah Oppo Find X5 Pro yang dirilis pada 2022.

Tampang  Oppo Find X6 Pro serta kotak kemasan versi ritel China. Ponsel ini hanya dipasarkan untuk wilayah China.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tampang Oppo Find X6 Pro serta kotak kemasan versi ritel China. Ponsel ini hanya dipasarkan untuk wilayah China.
Oppo siapkan HP baru di Indonesia

Namun, sebagai gantinya, Oppo Indonesia tengah bersiap membawa perangkat baru yang mengusung teknologi yang ada di ponsel flagship Oppo Find X6 Pro, yaitu kamera teleportait.

Oppo Indonesia berupaya memperkenalkan teknologi (kamera teleportrait) yang ada di Find X6 Pro ini, ke perangkat Oppo seri lain dengan harga yang lebih terjangkau untuk banyak orang," kata Aryo.

Saat ditanya perangkat apa yang bakal membawa teknologi kamera telefoto seperti Oppo Find X6 Pro, Aryo hanya menjawab "tunggu saja kehadiran perangkat ini dalam waktu dekat". Kalau tidak ada halangan, kata Aryo, perangkat Oppo baru dengan teknologi teleportrait itu bakal dirilis satu hingga dua bulan ke depan.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Oppo Find X5 Pro di Indonesia

Namun bila melihat riwayat perangkat Oppo, selama ini, fitur "portrait" menjadi fitur andalan Oppo Reno series. Fitur portrait telah melengkapi jajaran ponsel Reno series, mulai dari Reno4 hingga Reno6. Terakhir, Oppo Reno 8 series yang mengusung tagline "The Portrait Expert".

Aryo enggan memberikan bocoran perangkat Oppo seri mana yang direncanakan masuk ke Indonesia dengan fitur mirip teleportrait pada Oppo Reno X6 Pro.

Ia hanya menyebut, dengan harga yang lebih terjangkau, harapannya akan lebih banyak konsumen yang bisa merasakan teknologi flagship tersebut dengan harga yang lebih murah.

Hal ini serupa ketika Oppo "merakyatkan" teknologi pengisian cepat (fast charging) SuperVOOC. Awalnya, kata Aryo, fitur fast charging SuperVOOC itu hanya ada di lini flagship Oppo. Namun kini, fitur tersebut sudah mulai dibawa ke ponsel dengan harga yang lebih terjangkau.

HP lipat lebih memikat

Aryo juga mengungkapkan faktor yang membuat Oppo Find X6 Pro tak dijual di luar wilayah China. Ketika ingin memasarkan ponsel baru, kata Aryo, Oppo pusat selalu akan melakukan survei ke konsumen.

Baca juga: Oppo Find N2 Flip Gratiskan Screen Protector Setahun 2 Kali

"Menurut hasil survei, ternyata hasilnya, (ponsel yang diminati) memang lebih condong HP dengan bentuk baru smartphone. di Oppo itu diwakili oleh Find N, Find N2 Flip, dan seterusnya," kata Aryo.

Ia melanjutkan, dari ponsel lipat bikinan Oppo, Oppo Find N2 Flip berhasil menggaet target pasar yang lebih luas seperti anak muda, konsumen perempuan, dan lainnya.

"Oppo tengah melihat kebangkitan pasar ponsel lipat. Maka dari itulah, Oppo pusat memutuskan bahwa Oppo Find N2 Flip menjadi perangkat flagship yang beredar di beberapa negara," kata Aryo.

Hal tersebut kemungkinan yang menahan Oppo menjual Oppo Find X6 Pro di China saja, dan  lebih memilih membawa Oppo Find N2 Flip ke lebih banyak negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com