Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 HP Oppo Dipastikan Kebagian Android 14, Ini Daftarnya

Kompas.com - 14/06/2023, 13:00 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Oppo mengumumkan daftar ponsel yang akan kebagian pembaruan (update) sistem operasi (OS) Android 14 di sejumlah negara di kawasan Eropa. 

Ada 11 ponsel terbaru Oppo yang akan kebagian OS suksesor Android 13 tersebut, salah satunya adalah ponsel kelas menengah Oppo A57. Lalu, ada ponsel mid-range Oppo lain yang akan kebagian update OS Android 14, di antaranya seperti Oppo A77, Oppo A78, hingga Oppo A98

Selain Oppo A Series, update Android 14 juga akan menyambangi sejumlah ponsel Reno Series terbaru macam Reno8, Reno8 Pro, hingga Reno8 T. 

Baca juga: Oppo Find N2 Flip Langsung Dapat Update Android 14 Beta

Pembaruan OS Android 14 juga akan hadir di sejumlah ponsel flagship Oppo seperti Find X3 Pro hingga Find X5 Pro. 

Daftar lengkap ponsel Oppo yang akan kebagian update Android 14 bisa disimak dalam informasi berikut ini:

  • Oppo A98
  • Oppo A78
  • Oppo A77
  • Oppo A57
  • Oppo Reno8 Pro
  • Oppo Reno8
  • Oppo Reno8 T
  • Oppo Reno7
  • Oppo Find X5
  • Oppo Find X5 Pro
  • Oppo Find X3 Pro

Perlu dicatat, daftar ponsel yang kebagian Android 14 ini hanya berlaku bagi perangkat Oppo yang dipasarkan di sejumlah kawasan di Eropa saja. 

Belum diketahui apakah ini akan berlaku di Indonesia atau tidak. Sebab, Oppo Indonesia belum mengumbar hal apapun terkait ketersediaan Android 14 di ponsel-ponsel Oppo yang dijual di Tanah Air. 

Satu hal yang pasti, Oppo Indonesia sebelumnya memastikan bahwa ponsel lipat terbaru mereka di Tanah Air, yaitu Oppo Find N2 Flip, merupakan salah satu perangkat yang dipastikan akan mendapatkan pembaruan OS Android 14.

Baca juga: 5 Fitur Baru Android 14 yang Diumumkan di Google I/O 2023

Terkait Android 14, Oppo, begitu juga Google selaku pengembang, belum mengumbar kapan OS ini bisa dijajal di banyak ponsel Android. 

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizchina, Rabu (14/6/2023), Google saat ini masih menggelontorkan Android 14 dalam versi Developer Beta edisi ketiga.

Belum ada informasi kapan versi akhir (final) akan dirilis Google. Namun yang jelas, ketika dirilis nanti, OS ini digadang-gadang bakal menghadirkan sejumlah peningkatan dibanding Android 13.

Beberapa di antaranya mulai dari peningkatan sistem, konsumsi baterai, pengalaman multitasking yang lebih baik, dan sistem keamanan dan privasi yang lebih terjaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com