Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IndiHome Gabung Telkomsel 1 Juli 2023

Kompas.com - 28/06/2023, 07:42 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dan PT Telkom Indonesia (Telkom) Tbk. resmi menandatangani akta pemisahaan (deed of spinoff) untuk menggabungkan IndiHome ke Telkomsel.

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah dan Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam pada Selasa (27/6/2023).

Akta pemisahan tersebut salah satunya menyatakan integrasi IndiHome ke Telkomsel bakal dicatat oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI yang direncanakan pada 1 Juli 2023.

Adanya pencatatan tersebut, IndiHome secara resmi akan berada dalam pengelolaan Telkomsel per 1 Juli 2023 mendatang.

Baca juga: Indihome Perbesar Telkomsel

Proses integrasi Indihome juga menjadikan kepemilikan efektif Telkom di Telkomsel naik menjadi 69,9 persen dan Singtel di Telkomsel menjadi 30,1 persen, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs resmi Telkom, Rabu (28/6/2023).

Menurut Ririek, transformasi ini akan meningkatkan fokus TelkomGroup untuk memajukan lini bisnis B2B (Business-to-Business) di Indonesia.

Seperti diketahui, TelkomGroup ke depannya akan fokus ke bisnis B2B, sementara model bisnis B2C (Business to Consumer) seperti layanan internet dan TV berbayar IndiHome, akan diserahkan ke anak usahanya, Telkomsel.

“Ini merupakan tonggak perjalanan penting bagi transformasi TelkomGroup yang berfokus memajukan B2B (Business-to-Business) Indonesia," ujar Ririek dalam keterangan tertulis, Rabu (28/6/2023).

Kesepakatan kedua belah pihak ini juga menjadi bagian dari strategi utama Five Bold Moves Telkomsel (lima program utama yang menjadi nilai perusahaan ke depan).

Mulai dari menghadirkan layanan broadband yang lebih luas, merata, andal, mendukung akselerasi inklusi dan ekonomi digital, memperkuat bisnis perseroran, dan sebagainya.

"Ke depan, TelkomGroup akan melanjutkan rencana tranformasi Five Bold Moves lainnya, seperti InfraCo, Data Center Co, B2B Digital IT Service Co. dan DigiCos,” tambah Ririek.

Baca juga: IndiHome Dapat Restu Gabung ke Telkomsel

Dalam kesempatan yang sama, Dirut Telkomsel, Hendri Mulya Syam juga menjelaskan integrasi antara Indihome dan Telkomsel mencakup pengelolaan bisnis dan pelanggan untuk beberapa layanan, seperti internet (fixed broadband), telepon rumah (fixed line), Internet Protocol Television (IPTV), dan program layanan digital lainnya.

Integrasi Indihome ke Telkomsel akan menjadi batu loncatan penting bagi Telkomsel dengan menghadirkan pemerataan akses broadband, pengalaman konektivitas digital yang lengkap, dukungan layanan Wi-Fi, terutama pelanggan di segmen rumah tangga atau keluarga,” imbuh Hendri.

Selama proses transisi, Telkomsel menjamin tidak ada penurunan kualitas terhadap layanan broadband di Indihome. Biaya langganan dan paket berlangganan yang dinikmati pengguna saat ini tidak akan terdampak dan tetap sesuai dengan ketentuan kontrak yang sudah disepakati.

Ilustrasi Indihome: Cara daftar Indihome, cara bayar Indihome dan call center IndihomeDoc. Telkom Indonesia Ilustrasi Indihome: Cara daftar Indihome, cara bayar Indihome dan call center Indihome

Maka dari itu, per 1 Juli 2023 nanti, pelanggan yang ingin mengakses kebutuhan informasi atau layanan dapat menghubungi call center 188, website telkomsel.com, layanan email di cs@telkomsel.com, dan GraPARI untuk pengaduan layanan secara offline.

Sementara untuk pengguna Indihome dapat mengakses aplikasi myIndihome, website indihome.co.id, Plasa Telkom untuk penanganan offline, call center 147, dan media sosial dengan handles @IndihomeCare.

Informasi serupa juga akan diterima seluruh pengguna Indihome melalui kiriman e-mail. Bila ada keluhan atau pengaduan yang ingin disampaikan, Anda dapat mengakses akun Gmail yang terdaftar di Indihome untuk informasi lebih lanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com