Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hands-on Poco F5, HP Spek Tinggi Harga Murah

Kompas.com - 28/06/2023, 12:29 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Poco resmi meluncurkan smartphone terbarunya di Indonesia yaitu Poco F5 pada Selasa (27/6/2023).

Dalam acara peluncuran bertajuk "Fearless Launch Event" di Jakarta Selatan, KompasTekno berkesempatan untuk melihat dan menggenggam Poco F5.

Dari segi desain, Poco F5 memiliki ukuran yang ringkas dengan dimensi 161,11 mm (tinggi) x 74,95 mm (lebar) x 7,9 mm (tebal) dan bobot 181 gram.

Kami merasa bahwa ponsel ini cukup ringan untuk dibawa-bawa. Dengan dimensi dan bobot tersebut, Poco F5 juga bisa dengan mudah digunakan satu tangan saja.

Poco F5 ini juga terasa tidak licin sehingga pengguna tidak perlu takut ponsel ini terjatuh ketika dipegang. Namun, ada baiknya jika tetap menggunakan softcase sebagai pelindung.

Baca juga: Poco F5 Resmi, HP Snapdragon 7 Plus Gen 2 Pertama di Indonesia

Untuk urusan layar, smartphone anyar ini mengusung panel Flow AMOLED DotDisplay berbentang 6,67 inci dengan resolusi Full HD Plus (2.400 x 1.080 piksel), refresh rate 120 Hz, dan touch sampling rate 240 Hz.

Layar AMOLED ini bisa menampilkan gambar dengan warna yang ciamik. Layar Poco F5 juga bisa menampilkan gerakan dengan mulus karena angka refresh rate-nya yang tinggi.

Bagian depan Poco F5KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Bagian depan Poco F5
Selain itu, layar Poco F5 juga dilengkapi fitur HDR, PWM Dimming 1.920 Hz, dan DCI-P3 wide color gamut. Tingkat kecerahan (brightness) mencapai maksimum 1.000 nits.

Di tengah atas layar, terdapat lubang (punch hole) yang memuat kamera selfie 16 MP (f/2.45). Layar 6,67 inci tersebut kemudian dikelilingi oleh bingkai (bezel) dengan ketebalan 2,22 mm.

Berpindah ke bagian kanan smartphone, terdapat tombol pengatur volume dan tombol power yang merangkap sebagai pemindai sidik jari (side-mounted).

Dengan ukuran yang cukup ringkas, tombol volume dan pemindai sidik jari ini cukup udah dijangkau.

Bagian kanan Poco F5 dilengkapi tombol volume dan tombol power yang merangkap sebagai pemindai sidik jariKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Bagian kanan Poco F5 dilengkapi tombol volume dan tombol power yang merangkap sebagai pemindai sidik jari
Sementara itu, bagian kiri tampil "polos" tanpa tombol dan laci.

Bagian kiri Poco F5 polos tanpa tombolKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Bagian kiri Poco F5 polos tanpa tombol
Pada bagian atas Poco F5 terdapat jack audio 3,5 mm, speaker, dan IR Blaster. IR Blaster sejatinya memungkinkan penggunaan ponsel sebagai alat kontrol (remot) untuk mengendalikan perangkat-perangkat lain.

Bagian atas Poco F5 dilengkapi jack audio 3,5 mm, loudspeaker, dan IR BlasterKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Bagian atas Poco F5 dilengkapi jack audio 3,5 mm, loudspeaker, dan IR Blaster
Adapun bagian bawah Poco F5 dibekali speaker, port USB Type-C, dan laci untuk kartu SIM. Poco F5 ini tidak memiliki slot untuk kartu microSD.

Baca juga: Poco Indonesia Janji Poco F5 Tidak Jadi Barang Gaib

Bagian bawah Poco F5 dibekali kompartemen untuk kartu SIM, port USB Type-C, dan loudspeakerKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Bagian bawah Poco F5 dibekali kompartemen untuk kartu SIM, port USB Type-C, dan loudspeaker
Di bagian punggung Poco F5 terdapat tiga kamera yang mencakup kamera utama 64 MP (f/1.79) dengan Optical Image Stabilization (OIS) dan EIS, kamera ultrawide 8 MP (f/2.2), serta kamera makro 2 MP (f/2.4).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com