Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai 1 Juli, Ini Cara Beli Tiket MRT Jakarta Terbaru, Tak Bisa Lagi Pakai OVO atau Gopay

Kompas.com - 30/06/2023, 10:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Metode pembayaran tiket MRT Jakarta mengalami perubahan. Mulai Sabtu besok, 1 Juli 2023, pembayaran tiket MRT Jakarta tak dapat lagi dilakukan dengan keempat aplikasi dompet digital, yaitu OVO, Gopay, Dana, dan LinkAja.

Perubahan pembayaran tiket MRT Jakarta yang tidak lagi bisa memakai OVO, Gopay, Dana, dan LinkAja disebabkan karena pihak MRT Jakarta sudah tidak bekerja sama lagi dengan keempat penyedia dompet digital tersebut.

Baca juga: Kualitas Udara Jakarta Terus Memburuk, Cek lewat Aplikasi Ini

"Saat ini (per 1 Juli 2023) pembelian tiket MRT Jakarta melalui aplikasi e-wallet seperti Gopay, Ovo, Linkaja, dan Dana sudah tidak dapat dilakukan dikarenakan telah selesainya kontrak kerja sama dengan para mitra e-wallet tersebut," ujar Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Ahmad Pratomo, dilansir Kompas.com, Jumat (30/6/2023).

Dengan adanya perubahan ini, lantas bayar tiket MRT pakai apa? Bila hendak membayar dengan dompet digital, mulai 1 Juli nanti, pengguna bisa membeli tiket MRT melalui aplikasi AstraPay, i.saku, dan Blu by BCA Digital (Blu BCA).

Meski terdapat perubahan metode pembayaran tiket MRT Jakarta, cara membelinya tetap sama. Lalu, bagaimana cara membeli tiket MRT Jakarta? Cara beli tiket MRT bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi MRT Jakarta.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan cara beli tiket MRT Jakarta terbaru melalui aplikasi MRT Jakarta dengan metode pembayaran yang telah berubah.

Cara beli tiket MRT terbaru

  • Unduh aplikasi MRT Jakarta melalui App Store (untuk iPhone) atau Google Play Store (untuk ponsel Android).
  • Buka aplikasi MRT yang tersedia di ponsel dan pastikan telah login akun. Jika belum punya akun, pengguna bisa daftar dulu dengan memasukkan beberapa data, seperti nama lengkap, nomor telepon aktif, dan alamat e-mail aktif.
  • Jika berhasil masuk, cara beli tiket MRT bisa dimulai dengan memilih menu “Tiket” yang terdapat pada halaman awal aplikasi MRT Jakarta.
  • Selanjutnya, klik opsi “Beli Tiket”.
  • Kemudian, pilih rute keberangkatan dan tujuan MRT, lalu klik opsi “Beli Tiket” sekali lagi.
  • Pilih, metode pembayaran via dompet digital yang tersedia, antara AstraPay, i.saku, dan Blu by BCA Digital.
  • Setelah memilih, aplikasi dompet digital tersebut bakal terbuka dan pengguna diarahkan untuk menyelesaikan pembayaran tiket MRT di sana.
  • Selesaikan pembayaran sesuai dengan metode yang dipilih.
  • Bila pembayaran berhasil dan telah dikonfirmasi oleh sistem, tiket MRT bakal muncul di menu “Tiket”. Tiket tersebut berisi kode QR yang dapat dipindai di loket stasiun saat hendak naik MRT.

Itulah penjelasan cara beli tiket MRT terbaru melalui aplikasi MRT Jakarta dengan metode pembayaran yang mulai 1 Juli 2023 hanya bisa dengan aplikasi dompet digital AstraPay, i.saku, dan Blu by BCA Digital.

Ahmad mengatakan pembayaran tiket MRT Jakarta melalui OVO, Gopay, Dana, dan LinkAja yang sekarang ditutup ke depan bisa saja tersedia lagi. Asalkan, penyedia dompet digital tersebut mau bekerja sama kembali dengan pihak MRT Jakarta.

"Tentu kemungkinan tetap terbuka, jika dikemudian hari mitra mau bekerjasama kembali," kata Ahmad.

Baca juga: LinkAja Tidak Bisa Dipakai untuk Tap KRL Lagi, Ini Cara Bayarnya via Gojek

Sebagai informasi tambahan, selain melalui dompet digital, pembayaran tiket MRT juga bisa dilakukan dengan kartu uang elektronik seperti E-money, Flazz, Brizzi, Tapcash, dan Jakcard. Kemudian, bisa dengan kartu MRT dan kartu Jaklingko.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com