Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Fitur Unggulan Poco F5, Ada Chip Anyar dan RAM Besar hingga 19 GB

Kompas.com - 03/07/2023, 10:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Poco Indonesia resmi meluncurkan ponsel terbarunya, Poco F5 di Tanah Air pada Selasa (27/6/2023). Harga Poco F5 di Indonesia adalah Rp 4,9 juta untuk varian RAM/penyimpanan 8/256 GB, dan Rp 5,4 juta untuk varian 12/256 GB.

Dengan harga tersebut, Poco F5 memiliki beberapa keunggulan. Salah satunya ada di sektor hardware.

Poco F5 menjadi ponsel pertama yang ditenagai dengan chipset anyar Qualcomm, Snapdragon 7 Gen 2. Chip ini baru dirilis pabrikan semikonduktor asal AS itu bulan Maret lalu.

Selain chipset, Poco F5 juga memiliki beberapa fitur unggulan lain, seperti RAM dan memori internal berkapasitas besar, serta fitur pendukung aktivitas gaming. Berikut deretan fitur unggulan Poco F5 di Indonesia.

Baca juga: Poco F5 Resmi, HP Snapdragon 7 Plus Gen 2 Pertama di Indonesia

1. Chipset Snapdragon 7 Plus Gen 2

Ilustrasi chipset Snapdragon 7 Plus Gen 2.Qualcomm Ilustrasi chipset Snapdragon 7 Plus Gen 2.
Fitur Poco F5 yang paling diunggulkan terletak pada sektor chipset, yaitu Qualcomm Snapdragon 7 Plus Gen 2 yang mendukung konektivitas 5G.

Adapun Snapdragon 7 Plus Gen 2 memiliki satu unit CPU Cortex-X2 dengan kecepatan clock maksimal hingga 2,91 GHz, lebih tinggi dibanding Snapdragon 7 Gen 1 dengan kecepatan 2,5 GHz.

Sebenarnya CPU Cortex-A710 masih dipakai di chipset ini, tetapi jumlahnya bertambah dari satu menjadi tiga unit. Kemudian, ada empat unit CPU Cortex-A510 (1,8 GHz) sehingga total prosesor di Snapdragon 7 Plus Gen 2 ada delapan unit (octa-core).

Sedangkan untuk unit pengolah grafis (GPU), chipset ini juga masih menggunakan GPU Adreno 725. GPU ini diklaim menawarkan performa dua kali lipat atau 200 persen dibanding Snapdragon 7 Gen 1.

System-on-Chip (SoC) anyar ini mendukung berbagai fitur gaming, seperti Auto Variable Rate Shading (VRS) untuk menampilkan kualitas visual game yang mulus, serta Volumetric Rendering untuk meningkatkan detail gambar.

Keunggulan chipset Snapdragon 7 Gen 2 ini bisa disimak selengkapnya di artikel "Keunggulan Chipset Snapdragon 7 Plus Gen 2, Lebih Cepat dan Hemat Daya".

2. Sistem pendingin LiquidCool Technology 2.0

Poco F5 menghadirkan sistem pendingin LiquidCool Technology 2.0. Sistem pendingin ini menghadirkan 14 lapisan grafit dan ruang uap (vapor chamber) yang diklaim lebih besar 20 persen dibanding generasi sebelumnya.

Dengan vapor chamber ini, penyebaran panas ponsel Poco F5 menjadi lebih baik lagi. Sebab, kapasitas pelepasan panasnya meningkat sebesar 35 persen.

Jadi, pengguna akan lebih nyaman ketika menggenggam Poco F5 bahkan setelah digunakan untuk aktivitas yang "berat".

3. Teknologi FEAS 2.2

Pengguna Poco F5 juga bisa menikmati teknologi FEAS 2.2. Teknologi ini sejatinya mengoptimalkan frame rate (FPS) berdasarkan karakteristik game yang dimainkan.

Cara kerjanya, teknologi secara pintar akan mengatur kinerja prosesor sambil menjaga suhunya. Dengan begitu, FPS akan menjadi lebih stabil karena gawai tidak dipaksa untuk bekerja seratus persen secara terus-menerus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com