Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Foto Malam Hari Pakai Samsung Galaxy A54 5G agar Lebih Ciamik

Kompas.com - 05/07/2023, 13:20 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memotret di malam hari atau di ruangan minim cahaya memang cukup susah-susah gampang. Salah satu yang cukup menentukan bagus atau tidaknya hasil foto malam hari adalah kemampuan perangat yang digunakan untuk memotret.

Smartphone model baru saat ini sudah banyak yang didukung dengan fitur foto malam hari, untuk menunjang pengambilan gambar di lingkungan minim cahaya. Salah satu smartphone yang mendukung fitur tersebut adalah Samsung Galaxy A54 5G.

Penerus Samsung Galaxy A53 5G ini dibekali fitur fotografi yang cukup mumpuni. Misalnya, kamera utama beresolusi 50 MP (f/1.8) dan fitur Nightography yang sebelumnya hanya ada di smartphone flagship Samsung.

Untuk kamera utama, resolusinya memang lebih rendah ketimbang Galaxy A53 5G yang memiliki kamera utama 64 MP. Akan tetapi, Samsung A54 diklaim lebih canggih dan mampu menghasilkan gambar yang lebih jernih.

Baca juga: Tips Foto Anti Ribet di Samsung Galaxy A54 5G Pakai Tools dan Settingan Bawaan

Sebab, kamera 50 MP di Galaxy A54 memiliki sensor Sony IMX766 berukuran 1/5.6 inci dan tiap pikselnya berukuran 1 mikron. Kebaruan inilah yang membuat Samsung mengklaim hasil gambar perangkat lebih tajam dan bagus. Selain peningkatan sensor, kamera tersebut juga dibekali OIS (Optical Image Stabilization).

Lanjut ke fitur Nightography. Fitur ini menjadi andalan Galaxy A54 5G untuk memotret di malam hari.

Kehadiran fitur ini disebut dapat mendeteksi kondisi pencahayaan yang minim atau saat malam hari. Fitur Auto Night di perangkat bakal menyala secara otomatis dan mengubah pengaturan kamera menjadi Nightography.

Samsung Galaxy A54 5G menghadirkan pengalaman fotografi sekelas flagship dengan harga terjangkau. Didukung dengan kemampuan Nightography dan teknologi IOS dapat membuat hasil foto dan video lebih stabil,” ujar MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, Ilham Indrawan, sebagaimana dihimpun dari laman Samsung Indonesia.

“Pemrosesan gambar pun dibantu AI sehingga konten tetap tampak tajam, cerah, dan jelas walau di kondisi minim cahaya sekalipun,” tambah Ilham.

Dalam kesempatan yang sama, Samsung juga membagikan tips agar foto di malam hari bisa lebih ciamik, menggunakan Samsung A54 5G.

Baca juga: Cara Amankan Data Rahasia di HP Samsung Galaxy A54 5G

Aktifkan fitur Nightography

Fitur Nightography di Galaxy A54Samsung Indonesia Fitur Nightography di Galaxy A54

Ketika berada di lingkungan atau ruangan yang minim cahaya, kamera Galaxy A54 5G bakal langsung mengaktifkan fitur Nightography.

Namun, bila fitur tersebut tidak segera aktif, Anda bisa mengaktifkannya dengan menggeser layar ke arah kiri untuk mengunjungi laman “More”.

Pengguna tinggal mengeklik ikon bulan sabit bertuliskan “Night”. Ikon tersebut bakal muncul di sudut kanan bawah jika sudah aktif. Jika fitur sudah menyala, pastikan Anda menjaga stabilitas perangkat.

Sebab, foto di malam hari akan membuat kamera lebih sensitif terhadap cahaya dan gerakan kecil. Bila tidak dapat menjaga stabilitas perangkat, hasil gambar yang dibidik ada kemungkinan mengalami blur atau bergoyang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com