Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Istilah “Touch Some Grass” yang Ramai di Twitter Belakangan Ini

Kompas.com - 05/07/2023, 10:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa hari terakhir ini, ramai di Twitter pengguna yang memakai istilah “Touch Some Grass”, “Go Touch Some Grass”, atau “Touch Grass”. Keramaian tersebut muncul bermula dari salah satu twit Elon Musk.

Pada Minggu kemarin (2/7/2023), bos Twitter sekaligus pemimpin Tesla itu melalui akun pribadinya dengan handle @elonmusk mengumumkan kebijakan yang membuat heboh pengguna, yaitu pembatasan jumlah twit yang bisa dibaca per hari.

Baca juga: Arti Kata QRT, Singkatan yang Sering Dipakai di Twitter

Elon Musk mengatakan kebijakan pembatasan jumlah twit yang bisa dibaca per hari itu ditujukan untuk menanggulangi masalah pengerukan data dan manipulasi sistem secara ekstrem di platform.

Selain itu, Musk juga melontarkan cuitan alasannya menetapkan kebijakan pembatasan baca twit tersebut adalah untuk membantu pengguna keluar dari kecanduan Twitter.

“Alasan saya menetapkan “View Limit” (pembatasan jumlah baca twit per hari) adalah karena kita semua merupakan pecandu Twitter dan perlu keluar (dari kecanduan Twitter), kata Musk dalam cuitannya.

Setelah twit di atas muncul, pengguna pun berbondong-bondong memakai istilah Touch Some Grass untuk membalasnya. Tak sedikit juga pengguna yang menyertakan gambar dengan istilah Touch Some Grass sebagai lelucon.

Salah satu contoh penggunaan istilah Touch Some Grass atau Touch Grass itu bisa dijumpai melalui twit dari akun dengan handle @yennyaah, sebagaimana tertera di bawah ini.

Pada twit tersebut, pengguna memakai istilah Touch Some Grass untuk membalas twit dari Elon Musk yang mengatakan kebijakan pembatasan jumlah baca twit ditetapkan untuk membantu pengguna keluar dari kecanduan Twitter.

Baca juga: Viral di TikTok Istilah dan Foto Profil Pragos, Begini Artinya

Kemudian, pengguna juga membagikan meme (gambar berisi pesan lucu atau satir) seseorang sedang menyentuh rumput. Selain contoh di atas, masih banyak dijumpai banyak lagi pengguna yang membagikan istilah Touch Some Grass dengan meme memegang rumput.

Melihat keramaian ini, lantas sebenarnya apa yang dimaksud dengan Touch Some Grass? Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan mengenai arti Touch Some Grass yang marak dipakai di Twitter belakangan ini.

Arti Touch Some Grass

Touch Some Grass atau Touch Grass merupakan kosakata dalam bahasa Inggris, yang bila diterjemahkan secara harfiah ke bahasa Indonesia artinya adalah “menyentuh rumput” atau bisa juga “sentuhlah rumput”.

Namun, arti harfiah tersebut sejatinya bukan arti sesungguhnya dari istilah Touch Some Grass. Istilah Touch Some Grass atau Touch Grass adalah salah satu idiom (istilah yang memiliki makna berbeda dari susunan katanya) dalam bahasa Inggris.

Dikutip dari How To Geek, sebagai sebuah idiom, istilah Touch Some Grass artinya adalah pergi ke luar menjumpai realita. Istilah ini biasa dipakai untuk meminta atau menyarankan seseorang agar keluar dari berlama-lama menghabiskan waktu di internet.

Dalam konteks seperti itu, arti Touch Some Grass bisa seperti ini “matikan atau tinggalkan internet dan pergilah ke luar menjumpai realita”.

Dengan arti Touch Some Grass yang demikian, tak heran bila banyak pengguna yang memakainya di Twitter untuk membalas perkataan Elon Musk tentang kebijakan batas baca twit ditetapkan agar membantu pengguna keluar dari kecanduan Twitter.

Saran Elon Musk bahwa pengguna perlu keluar dari berlama-lama menghabiskan waktu di Twitter, tampaknya tak diindahkan oleh sebagian besar pengguna.

Baca juga: Arti Istilah “Why We Can’t Go to War Together” yang Ramai di Media Sosial

Sehingga, ketimbang menerima saran Elon Mus untuk keluar dari kecanduan Twitter, pengguna malah membalasnya dengan memakai istilah Touch Some Grass dalam arti harfiah memegang rumput, bukan arti pergi ke luar menjumpai realita dan meninggalkan Twitter.

Demikianlah penjelasan mengenai arti Touch Some Grass yang ramai di Twitter belakangan ini, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com