Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Foto Malam Hari Pakai Samsung Galaxy A54 5G agar Lebih Ciamik

Smartphone model baru saat ini sudah banyak yang didukung dengan fitur foto malam hari, untuk menunjang pengambilan gambar di lingkungan minim cahaya. Salah satu smartphone yang mendukung fitur tersebut adalah Samsung Galaxy A54 5G.

Penerus Samsung Galaxy A53 5G ini dibekali fitur fotografi yang cukup mumpuni. Misalnya, kamera utama beresolusi 50 MP (f/1.8) dan fitur Nightography yang sebelumnya hanya ada di smartphone flagship Samsung.

Untuk kamera utama, resolusinya memang lebih rendah ketimbang Galaxy A53 5G yang memiliki kamera utama 64 MP. Akan tetapi, Samsung A54 diklaim lebih canggih dan mampu menghasilkan gambar yang lebih jernih.

Sebab, kamera 50 MP di Galaxy A54 memiliki sensor Sony IMX766 berukuran 1/5.6 inci dan tiap pikselnya berukuran 1 mikron. Kebaruan inilah yang membuat Samsung mengklaim hasil gambar perangkat lebih tajam dan bagus. Selain peningkatan sensor, kamera tersebut juga dibekali OIS (Optical Image Stabilization).

Lanjut ke fitur Nightography. Fitur ini menjadi andalan Galaxy A54 5G untuk memotret di malam hari.

Kehadiran fitur ini disebut dapat mendeteksi kondisi pencahayaan yang minim atau saat malam hari. Fitur Auto Night di perangkat bakal menyala secara otomatis dan mengubah pengaturan kamera menjadi Nightography.

“Samsung Galaxy A54 5G menghadirkan pengalaman fotografi sekelas flagship dengan harga terjangkau. Didukung dengan kemampuan Nightography dan teknologi IOS dapat membuat hasil foto dan video lebih stabil,” ujar MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, Ilham Indrawan, sebagaimana dihimpun dari laman Samsung Indonesia.

“Pemrosesan gambar pun dibantu AI sehingga konten tetap tampak tajam, cerah, dan jelas walau di kondisi minim cahaya sekalipun,” tambah Ilham.

Dalam kesempatan yang sama, Samsung juga membagikan tips agar foto di malam hari bisa lebih ciamik, menggunakan Samsung A54 5G.

Ketika berada di lingkungan atau ruangan yang minim cahaya, kamera Galaxy A54 5G bakal langsung mengaktifkan fitur Nightography.

Namun, bila fitur tersebut tidak segera aktif, Anda bisa mengaktifkannya dengan menggeser layar ke arah kiri untuk mengunjungi laman “More”.

Pengguna tinggal mengeklik ikon bulan sabit bertuliskan “Night”. Ikon tersebut bakal muncul di sudut kanan bawah jika sudah aktif. Jika fitur sudah menyala, pastikan Anda menjaga stabilitas perangkat.

Sebab, foto di malam hari akan membuat kamera lebih sensitif terhadap cahaya dan gerakan kecil. Bila tidak dapat menjaga stabilitas perangkat, hasil gambar yang dibidik ada kemungkinan mengalami blur atau bergoyang.

Maka dari itu, Samsung menyarankan pengguna untuk menggunakan tripod ketika memotret suasana atau pemandangan di malam hari.

Untuk hasil yang lebih maksimal, pengguna dapat mengunjungi halaman “More” dengan cara yang sama seperti di atas. Selain Nightography, aktifkan juga mode Pro.

Seperti namanya, mode ini akan memungkinkan pengguna mengatur kamera perangkat secara manual layaknya kamera profesional. Pengaturan yang bisa dilakukan mencakup pengaturan shutter speed (SS), ISO (tingkat kecerahan gambar), jenis fokus kameran, dan kestabilan warna (white balance).

Sebelum mengaktifkan mode ini, pastikan Anda memahami dasar-dasar fotografi, seperti segitiga exposure. Konsep yang membentuk sebuah setiga dan terdiri dari Shutter Speed, Aperture/Diafragma, dan ISO.

Pengaturan ini dapat disesuaikan dengan selera si pengambil gambar, sehingga hasil gambarnya pun bisa lebih fleksibel.

Trik yang terakhir adalah memanfaatkan fitur Image Enhancer. Fitur ini dimanfaatkan untuk memaksimalkan hasil gambar yang sudah dibidik.

Fitur ini dibekali dengan teknologi AI sehingga sistem bakal otomatis meningkatkan cahaya pada gambar, apabila foto yang diambil sedikit terlihat redup atau gelap.

Cara mengakses fitur ini adalah mengeklik ikon titik tiga di bawah gambar dalam Galery (Galeri). Kemudian, pilih “Remaster picture”. Tunggu sesaat dan sistem akan melakukan perubahan pada gambar yang dibidik.

Fitur Remaster Picture ini dapat mengurangi guncangan dan bintik warna (noise) pada gambar serta meningkatkan resolusi foto. Supaya saat diperbesar, gambar tidak mudah pecah, lebih tajam, dan menonjol.

Di fitur yang sama, pengguna juga bisa memanfaatkan fitur lain untuk menghapus objek yang tidak diinginkan. Fitur tersebut bernama Object Eraser.

Fungsi fitur ini bisa dipakai ketika muncul bayangan yang tidak diinginkan atau ketika mengambil gambar di tengah keramaian.

Samsung Galaxy A54 5G sudah bisa dibeli di Indonesia dengan harga Rp 6 juta untuk varian 8/128 GB atau Rp 6,4 juta varian 8/256 GB. Pembelian bisa dilakukan langsung melalui situs resmi Samsung Indonesia.

https://tekno.kompas.com/read/2023/07/05/13200017/tips-foto-malam-hari-pakai-samsung-galaxy-a54-5g-agar-lebih-ciamik

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke