Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Sudah Gak Seru? Cek 5 Aplikasi Alternatif Ini

Kompas.com - 05/07/2023, 18:30 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber BGR

KOMPAS.com - Pemilik Twitter, Elon Musk tengah menjadi sorotan beberapa waktu ini. Sejumlah pengguna Twitter kerap melontarkan keluhan yang mereka alami akibat kebijakan baru yang diterapkan perusahaan.

Seperti diketahui, Twitter baru saja melakukan pembatasan terhadap jumlah twit yang bisa dibaca oleh pengguna setiap harinya. Merujuk pada penjelasan Musk, pengguna berlangganan alias Twitter Blue diperbolehkan membaca twit sebanyak 10.000 cuitan setiap harinya.

Sementara itu, jatah twit yang bisa dibaca pengguna reguler, alias tidak berlangganan adalah 1.000 twit per hari. Terakhir, pengguna reguler yang baru saja membuat akun twitter hanya diberi jatah 500 twit setiap hari.

Baca juga: Cara Dapat Tiket Nyobain Threads, Aplikasi Buatan Facebook yang Mirip Twitter

Ditambah, selain membatasi jumlah twit tersebut, Musk juga melakukan sejumlah upaya yang “memaksa” penggunanya berlangganan Twitter Blue. Mulai dari TweetDeck yang wajib berbayar, akun Twitter Blue yang diklaim lebih aman, dan sejumlah fitur eksklusif lainnya.

Aplikasi pengganti Twitter

Lantas, kebaruan ini pun menuai banyak kritik dan opini “pedas” dari kalangan warganet. Beberapa dari mereka bahkan ada yang mengaku bahwa Twitter sudah tidak “seasik” dan “seseru” sebelumnya.

Sebagian dari warganet juga ada yang memilih berhenti bermain Twitter dan pindah ke media sosial lainnya.

Sebagaimana dikutip KompasTekno dari BGR, Rabu (5/7/2023), setidaknya ada lima aplikasi media sosial yang bisa menjadi alternatif yang ingin beralih dari Twitter

Kelima aplikasi pengganti Twitter ini punya kemiripan dengan platform mikroblogging itu, sama-sama fokus pada konten berbasis teks. Aplikasi-aplikasi rekomendasi ini sudah hadir di Indonesia dan sudah bisa di-download.

Penasaran ada apa saja aplikasi alternatif Twitter?

Bluesky

Ilustrasi tampilan aplikasi Bluesky versi beta.App Store Ilustrasi tampilan aplikasi Bluesky versi beta.

BlueSky merupakan aplikasi bikinanan mantan pendiri dan CEO Twitter, Jack Dorsey. Tidak lama setelah minggat dari perusahaan, Dorsey memperkenalkan sosial media terbarunya bernama BlueSky.

Aplikasi ini pun langsung menjadi kompetitor baru dari Twitter. BlueSky pertama kali meluncur di toko aplikasi resmi Apple App Store (iOS) pada Februari 2023.

Aplikasi ini sudah tersedia di toko aplikasi resmi Apple App Store untuk pengguna iOS dan Google Play Store untuk Android. Hanya saja, walau sudah muncul di toko aplikasi, BlueSky masih belum meluncur secara resmi.

Baca juga: Ramai Aplikasi Media Sosial Threads Digadang Jadi Pengganti Twitter, Apa Itu?

Dari gambar yang dimunculkan, BlueSky terlihat mengadopsi bahasa desain dari Twitter. Di bagian bawah terdapat beberapa ikon seperti Home, Search, Notifications, dan Profile.

Pengguna juga dapat mengunggah konten dengan mengeklik ikon pensil di sisi kanan bawah. Bila Anda tertarik, Anda bisa mengelik tautan berikut ini untuk mengunduh BlueSky di Google Play Store atau klik di sini untuk Apple App Store.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com