Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanya TV XLED Sharp Aquos FV1 Berukuran Besar yang Dijual di Indonesia, Kenapa?

Kompas.com - 05/07/2023, 15:50 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pabrikan televisi Sharp Electronics Indonesia telah meluncurkan TV XLED Sharp Aquos FV1 di Tanah Air, Rabu (5/7/2023). Sebelumnya, televisi premium ini sudah diumumkan di Jepang bulan Mei lalu.

Secara keseluruhan, terdapat lima model TV XLED Sharp Aquos FV1 yang diumumkan, yakni model dengan ukuran layar 42, 50, 55, 65, dan 75 inci. Akan tetapi, hanya ada dua model saja yang diboyong ke Indonesia. Keduanya adalah model dengan ukuran terbesar, yaitu TV XLED Sharp Aquos FV1 65 inci (4T-C65FV1) dan model 75 inci (4T-C75FV1).

Menurut AUVI Product Head Division PT Sharp Electronics Indonesia, Ardy Sofyan, hal ini dikarenakan fokus Sharp di Indonesia memang terbatas pada dua model itu saja.

"Untuk di Indonesia, kami memang hanya fokus ke TV XLED ukuran 65 dan 75 inci saja," jelas Ardy kepada KompasTekno di acara peluncuran TV XLED Sharp Aquos FV1 di Hotel Mulia, Jakarta Pusat.

Baca juga: Alasan Sharp Baru Jual TV Mini LED di Indonesia

Ardy menambahkan, keputusan itu dilatarbelakangi oleh pergerakan pasar Indonesia yang makin "doyan" membeli televisi dengan ukuran yang lebih besar. Jadi, Sharp yang semulanya berfokus ke pasar entry-level hingga mid-range harus beradaptasi dan mengikuti permintaan pasar.

Padahal, selama ini, televisi berukuran 42 inci disebut menjadi "tulang punggung" penjualan TV Sharp di Indonesia.

"Pasar televisi 42 inci ke bawah malah menurun dan mengecil. Jadi, ini pilihan yang kami ambil supaya tidak kehilangan pasar (TV layar besar) yang menggiurkan itu," lanjut Ardy.

Kendati demikian, Ardy mengatakan penjualan TV XLED Sharp Aquos FV1 berukuran lebih kecil di Indonesia, tetap terbuka. Dia mengatakan hal itu akan bergantung bagaimana respons pasar ke depannya.

Spesifikasi TV XLED Sharp Aquos FV1 di Indonesia

Peluncuran TV Sharp Aquos XLED di Jakarta, Rabu (5/7/2023).KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Peluncuran TV Sharp Aquos XLED di Jakarta, Rabu (5/7/2023).

Untuk diketahui, TV XLED Sharp Aquos FV1 memiliki panel Mini LED yang diberi label "XLED". XLED ini merujuk pada "Excellent Experience".

Layar Mini LED tersebut menggunakan lampu (backlight) LED dengan ukuran yang lebih kecil (mini) dibanding backlight LED yang digunakan televisi konvensional.

Backlight LED televisi terbaru Sharp ini berukuran 1/10 lebih kecil dibanding TV perusahaan yang sebelumnya, sehingga Sharp bisa memasang lampu LED yang 88 kali lebih banyak di satu panel.

Baca juga: Alasan TV XLED Sharp Aquos FV1 Cocok untuk Main PS, Xbox, dll

Jumlah backlight LED yang banyak ini memungkinkan Sharp untuk mengatur tingkat peredupan lampu di satu area dengan lebih presisi.

Panel Mini LED tersebut memiliki 2.000 zona peredupan (dimming zone), yang memungkinkan penampilan kontras dan kecerahan yang tinggi serta warna hitam yang lebih pekat dibanding TV LED pada umumnya.

Layar juga dilengkapi teknologi Deep Chroma QD yang meningkatkan cakupan gamut warna lebih luas 20 persen ketimbang TV Aquos sebelumnya.

Selengkapnya, pengguna bisa menyimak spesifikasi dan harga TV XLED Sharp Aquos FV1 lewat artikel "Sharp Aquos FV1 Meluncur, TV Mini LED Pertama Sharp di Indonesia".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com