Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Dapat Tiket Coba Threads, Aplikasi Buatan Facebook yang Mirip Twitter

Kompas.com - 05/07/2023, 16:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Threads adalah aplikasi media sosial baru buatan Meta (induk perusahaan Facebook, Instagram, dan WhatsApp) dengan layanan percakapan berbasis teks. Kedatangan Threads tampaknya telah ditunggu-tunggu warganet.

Banyak warganet yang menggadang Threads menjadi aplikasi pengganti Twitter. Narasi ini muncul tak lepas setelah Twitter cukup banyak mengeluarkan kebijakan yang membatasi aktivitas pengguna.

Baca juga: Ketika Twitter Bertubi-tubi Menerapkan Pembatasan ke Pengguna…

Misalnya, kebijakan yang paling baru adalah Twitter menerapkan pembatasan jumlah twit yang bisa dibaca per hari pada pengguna. Lalu, sebelum itu, terdapat pula kebijakan pembatasan untuk mengirim pesan DM (Direct Message) pada orang yang belum diikuti pengguna.

Dengan kebijakan itu, warganet pun beramai-ramai berencana berpindah dari Twitter ke media sosial lain, yang salah satu opsinya adalah aplikasi Threads. Kabar kedatangan Threads sejatinya sudah berembus sejak Desember tahun lalu.

Sekarang, berdasarkan pantauan KompasTekno, Threads sudah muncul di App Store, toko aplikasi untuk perangkat iOS. Namun, pengguna saat ini belum bisa untuk mengunduh atau download Threads di toko aplikasi.

Menurut keterangan yang terdapat di App Store, pengguna dijadwalkan mulai bisa download Threads pada Kamis besok, 6 Juli 2023. Untuk menyambut kedatangan Threads, Meta tampaknya menyediakan cara yang unik bagi pengguna.

Meta menyisipkan tombol tersembunyi di aplikasi Instagram untuk mengakses tiket Threads. Pengguna yang mendapatkan tiket tersebut bisa mengunduh dan mencoba Threads saat dirilis nanti.

Di tiket Threads, terdapat beberapa informasi yang termuat, seperti tanggal rilis, waktu rilis, hitungan jam rilis, dan username Instagram pengguna. Bentuk tiket Threads yang lebih jelas bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Tiket ThreadsKOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Tiket Threads

Lantas, bagaimana cara mendapatkan tiket Threads? Cara mendapatkan tiket Threads itu cukup mudah. Pengguna hanya perlu memasukkan kata kunci khusus di pencarian aplikasi Instagram. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara mendapatkan tiket Threads.

Baca juga: Apa Itu TweetDeck yang Bakal Cuma Bisa Dipakai Pengguna Twitter Blue?

Cara mendapatkan tiket Threads

  • Buka aplikasi Instagram dan buka halaman “Explore”.
  • Pada kolom pencarian, ketik kata kunci “Threads”.
  • Setelah kata kunci dimasukkan, di sebelah kanan kolom pencarian bakal muncul ikon tiket berwarna merah.
  • Klik ikon tersebut dan tiket Threads akan diberikan ke pengguna.
  • Pada tiket tersebut, terdapat tombol “Get Threads” atau “Dapatkan Threads”.
  • Bila tombol itu diklik maka bakal pengguna bakal dialihkan ke halaman pengunduhan Threads di toko aplikasi. Pengguna bisa download Threads saat tersedia nanti.

Cara mendapatkan tiket Threads.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Cara mendapatkan tiket Threads.

Cukup mudah bukan cara mendapatkan tiket Threads? Perlu diketahui, cara di atas dijajal pada ponsel iOS. Sementara itu, untuk di ponsel Android, cara mendapatkan tiket Threads dan ketersediaannya bisa saja berbeda.

Demikianlah penjelasan mengenai cara mendapatkan tiket Threads. Sebagai informasi tambahan, melalui App Store, pengguna saat ini sudah bisa mendapatkan gambaran dari tampilan Threads.

Gambaran tampilan Threads

Pada gambaran tersebut, dapat dilihat aplikasi Threads bakal memiliki halaman login yang meminta pengguna untuk masuk atau login menggunakan akun Instagram.

Dengan adanya mekanisme login menggunakan akun Instagram, tampaknya Threads terhubung dengan Instagram. Hal ini diperkuat pula dengan pengguna bisa mengikuti akun yang sama seperti yang sudah diikuti di akun Instagram.

Kemudian, gambar lain menunjukkan tampilan dari unggahan seseorang. Pengguna dimungkinkan membalas komentar atau melakukan sejumlah interaksi lainnya. Pengguna juga diberi pilihan untuk mengatur siapa saja orang yang diperbolehkan melihat unggahan.

Baca juga: Threads, Aplikasi Mirip Twitter Bikinan Facebook Meluncur 6 Juli

Pilihan yang ditawarkan adalah “Anyone”, artinya semua orang yang mengikuti ataupun tidak mengikuti dapat melihat unggahan. Lalu, “Profiles you follow” hanya akun yang diikuti saja, dan “Mentioned only” yaitu hanya akun yang “dicolek” yang bisa melihat cuitan.

Secara keseluruhan, tampilan Threads ini cukup mirip dengan Twitter. Beberapa pengaturan fitur yang ditawarkan juga serupa. Hanya saja, aplikasi ini mempertahankan bahasa desain dari Instagram dan berfokus pada unggahan berbasis teks.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com