Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalahkan Spotify, YouTube Jadi Aplikasi Streaming Musik Nomor 1 di AS

Kompas.com - 06/07/2023, 10:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - YouTube menjadi aplikasi music streaming  (musik alir) nomor satu di Amerika Serikat untuk tahun 2022, mengalahkan platform populer lain seperti Spotify, Apple Music, Amazon Music, dan lainnya. Setidaknya begitulah menurut laporan dari Visual Capitalist.

YouTube yang dimaksud di sini adalah aplikasi YouTube utama yang menampilkan lagu dan beragam konten video/audio secara umum, serta aplikasi YouTube Music yang secara khusus menampilkan lagu dan video musik.

Menurut data Visual Capitalist, sebesar 61 persen pendengar musik AS pernah menyetel lagu di YouTube minimal satu kali dalam rentang waktu 30 hari. Dengan kata lain, bisa dibilang, dua dari tiga penikmat musik AS mendengarkan lagu di YouTube setidaknya sebulan sekali sepanjang 2022.

Visual Capitalist merinci, pendengar musik yang dimaksud di sini adalah orang dewasa berusia 18 tahun ke atas yang menghabiskan waktu mendengarkan musik dalam format apa pun kecuali radio terestrial, lewat layanan musik baik secara gratis atau berbayar.

Baca juga: Link dan Cara Bikin Spotify Photo Strips untuk Cek Musik Favorit

Hal tersebut membuat YouTube/YouTube Music menjadi platform streaming musik yang paling banyak memiliki pendengar bulanan di AS untuk periode 2022.

Menurut data Statista, YouTube memiliki lebih dari 2,68 miliar pengguna bulanan aktif pada tahun 2023. YouTube Premium dan YouTube Music secara kumulatif memiliki lebih dari 80 juta pengguna berbayar (subscriber) di seluruh dunia pada tahun 2023.

Platform musik alir, Spotify melakukan perombakan pada halaman Home-nya menjadi mirip aplikasi Instagram dan TikTokSpotify Newsroom Platform musik alir, Spotify melakukan perombakan pada halaman Home-nya menjadi mirip aplikasi Instagram dan TikTok
Di posisi kedua, ada Spotify dan Amazon Music yang kompak digunakan sekitar 35 persen pendengar musik AS secara bulanan di tahun 2022.

Menurut data Visual Capitalist, meski berada di peringkat yang sama, Spotify dan Amazon Music memiliki keunggulannya masing-masing.

Untuk Spotify, platform streaming musik asal Swedia ini lebih unggul dalam hal jumlah pelanggan berbayar (paid users). Sedangkan, Amazon Music memiliki basis pengguna yang besar karena aplikasi ini digabungkan (bundle) ke dalam layanan Amazon Prime.

Platform streaming musik lain yang diandalkan oleh pengguna AS di antaranya Pandora (23 persen pengguna bulanan), Apple Music (19 persen), serta Soundcloud (10 persen). Sayangnya, Visual Capitalist tidak mengungkap berapa banyak total pendengar musik AS.

Baca juga: Aturan Terbaru, Punya 500 Subscriber Sudah Bisa Dapat Uang dari YouTube

Selengkapnya, berikut daftar peringkat platform musik dengan persentase pengguna bulanan paling banyak di AS untuk tahun 2022, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Visual Capitalist, Kamis (6/7/2023):

Ranking Platform musik streaming Persentase (%) pengguna bulanan
1 YouTube 61 persen
2 Spotify 35 persen
2 Amazon Music 35 persen
4 Pandora 23 persen
5 SiriusXM 21 persen
6 Apple Music 19 persen
7 iHeartRadio 15 persen
8 SoundCloud 10 persen
9 Audacity 6 persen
10 TuneIn 5 persen
10 Deezer 5 persen
10 Napster 5 persen
10 Tidal 5 persen

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com