BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Samsung

Uji Coba Game Booster Samsung Galaxy A34 5G

Kompas.com - 06/07/2023, 13:30 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Samsung meluncurkan Galaxy A34 5G pada Maret 2023 sebagai suksesor dari Galaxy A33 5G.

Di pasar Indonesia, Samsung Galaxy A34 5G dijual dengan harga Rp 5 juta untuk varian RAM 8 GB dan memori internal 128 GB. Sementara, varian RAM 8 GB dan memori internal 256 GB dibanderol Rp 5,4 juta.

Sebagai smartphone kelas menengah, Galaxy A34 5G membawa berbagai keunggulan untuk menunjang aktivitas mobile gaming. Hal ini tampak pada layar panel Super AMOLED khas Samsung yang nyaman dipandang.

Galaxy A34 5G juga dibekali dengan tingkat kecerahan layar yang besar hingga 1.000 nit. Tingkat kecerahan ini umumnya dimiliki flagship smartphone. Berkat fitur Vision Booster, sensor pada Galaxy A34 5G dapat menyesuaikan tingkat kecerahan layar sesuai dengan kondisi cahaya sesuai lingkungan.

Jika pengguna membawa smartphone ke luar ruangan yang terang, fitur Vision Booster akan membuat layar smartphone terang secara maksimal hingga 1.000 nit. Fitur kecerahan ini mampu membuat layar smartphone tetap terang dan menampilkan konten secara jernih, meski di tengah cahaya matahari.

Baca juga: Cara Menghemat Baterai Saat Main Game di Samsung Galaxy A34 5G

Fitur tersebut dapat diaktifkan dengan menghidupkan pengaturan "Kecerahan Adaptif". Setelah aktif, pengguna pun tidak perlu khawatir untuk bermain mobile game bersama teman di luar ruangan.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan Kompas.com, setelah fitur Vision Booster aktif, Galaxy A34 5G dapat menampilkan mobile game di luar ruangan dengan tingkat kecerahan layar optimal, seperti Mobile Legends: Bang Bang, Genshin Impact, serta PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) Mobile.

 

Cara mengaktifkan Kecerahan Adaptif dan fitur Vision Booster. DOK. KOMPAS.COM/YOGARTA AWAWA PRABANING ARKA. Cara mengaktifkan Kecerahan Adaptif dan fitur Vision Booster.
Untuk mengaktifkan fitur itu, pengguna perlu mengeklik menu Setting. Selanjutnya, pilih menu “Tampilan”. Kemudian, geser tombol Kecerahan Adaptif ke kanan untuk mengaktifkan fitur Vision Booster.

Uji coba Game Booster

Pengujian Kompas.com tak sekadar pada tingkat kecerahan layar saja, tetapi juga kemampuan smartphone dalam menjalankan mobile game favorit.

Untuk diketahui, Samsung Galaxy A34 5G menggunakan chipset Mediatek Dimensity 1080 yang dipadukan RAM 8 GB serta penyimpanan internal 128 GB atau 256 GB. Chipset tersebut memiliki arsitektur 6 nanometer (nm) dengan kecepatan clock prosesor mencapai maksimal 2,6 GHz.

Selain chipset bertenaga di kelasnya, Galaxy A34 5G juga dibekali fitur unggulan untuk bermain game. Salah satunya adalah Game Booster.

Seperti namanya, Game Booster berfungsi untuk meningkatkan kinerja perangkat saat bermain game. Fitur ini berada di dalam aplikasi Game Launcher. Dengan demikian, pengguna dapat mengaktifkan Game Booster melalui Game Launcher.

Baca juga: Cuma Pakai Samsung Galaxy A54 5G, Ini 5 Tip Menghasilkan Foto Bokeh Artsy

Saat diuji Kompas.com, Samsung Galaxy A34 5G dapat memainkan mobile game dengan lancar, meski tanpa mengaktifkan Game Booster. Sebut saja, Mobile Legends: Bang Bang, Genshin Impact, serta PUBG. Ketiga game mobile ini kerap menjadi uji benchmark pada smartphone saat bermain game.

Jika pengguna membutuhkan performa ekstra, pengguna dapat mengaktifkan Game Booster. Sebagai informasi, Game Booster memiliki tiga opsi game, yakni Performa, Standar, serta Penghemat Baterai. Opsi Performa dapat dipilih pengguna jika membutuhkan peningkatan performa saat bermain game.

Sebagai konsekuensinya, baterai smartphone menjadi lebih cepat terkuras karena digunakan untuk memaksimalkan performa gaming.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan Kompas.com, setelah opsi Performa diaktifkan pada Game Booster, baterai Galaxy A34 5G berkurang mulai dari dua persen hingga empat persen saat memainkan Mobile Legends: Bang Bang dalam satu permainan. Kisaran daya baterai yang berkurang saat bermain Mobile Legends tergantung dari lamanya durasi permainan. Jika ingin menghemat baterai, pengguna dapat memilih opsi Standar atau Penghemat Baterai.

Baca juga: Cara Pasang 15 Foto Sekaligus di Lock Screen HP Samsung Galaxy A54 5G agar Aesthetic

Sebagai informasi, Galaxy A34 5G memiliki kapasitas baterai 5000 mAh dengan fast charging 25 watt. Dengan kapasitas relatif besar, pengguna tidak perlu khawatir jika baterai smartphone cepat habis saat bermain game. Selain itu, menurut Samsung, baterai Galaxy A34 dapat terisi 50 persen dalam waktu pengisian selama 30 menit.

Berikut langkah pengaktifan Game Booster di Galaxy A34 5G yang dilakukan Kompas.com.

  1. Buka aplikasi Game Launcher. Klik “More” atau “Lainnya” di sisi kanan bawah.
  2. Ketuk menu “Game Booster”, lalu muncul laman “Pengaturan Game Booster”.
  3. Klik “Optimasi Game” lalu pilih opsi yang diinginkan, yakni “Performa”, “Standar”, serta “Penghemat Baterai”.

Untuk membuka menu Game Booster saat bermain game, pengguna bisa menggeser atau swipe layar dari kanan ke tengah. Selanjutnya, klik ikon ”+ -“ di sisi kanan layar.

Cara mengaktifkan Game Booster di dalam permain dengan mengklik ikon yang dilingkari di sudut kanan. DOK. KOMPAS.COM/YOGARTA AWAWA PRABANING ARKA. Cara mengaktifkan Game Booster di dalam permain dengan mengklik ikon yang dilingkari di sudut kanan.
Setelah menu Game Booster terbuka, pengguna bisa melihat informasi peningkatan performa game saat dimainkan. Pengguna juga bisa mengaktifkan mode prioritas untuk menonaktifkan notifikasi serta panggilan telepon saat bermain game.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan Kompas.com, Game Booster mampu meningkatkan performa game dengan kisaran tiga persen hingga 14 persen. Saat memainkan Mobile Legends: Bang Bang dengan pengaturan grafis dan refresh rate tinggi, fitur Game Booster mampu meningkatkan performa game hingga 15 persen.

Game Booster mampu meningkatkan performa Mobile Legend sebesar 15 persen. DOK. KOMPAS.COM/YOGARTA AWAWA PRABANING ARKA. Game Booster mampu meningkatkan performa Mobile Legend sebesar 15 persen.
Sementara itu, Game Booster mampu memaksimalkan PUBG dengan peningkatan performa hingga 12 persen untuk pengaturan grafis HDR dan frame rate ultra.

Dari hasil uji coba pula, fitur Game Booster efektif membuat pengalaman gaming lebih lancar dan bebas hambatan. Fitur ini cocok digunakan saat kamu bermain game secara kompetitif, misalnya saat meningkatkan ranking.

Jika kamu menginginkan smartphone kelas mid-range dengan kemampuan gaming, Samsung Galaxy A34 5G bisa menjadi pertimbangan untuk dipilih. Kamu bisa mengeklik tautan berikut untuk informasi lebih lengkap mengenai Galaxy A34 5G.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com