Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Threads Instagram, Dulu Aplikasi Pesan Instan Sekarang Jadi Mirip Twitter

Kompas.com - 06/07/2023, 12:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meta (perusahaan induk Facebook, WhatsApp, dan Instagram) resmi meluncurkan aplikasi media sosial barunya, Threads, pada Kamis (6/7/2023).

Aplikasi ini digadang-gadang menjadi pengganti Twitter karena sama-sama merupakan platform microblogging berbasis teks.

Melalui aplikasi Threads Instagram, pengguna bisa membagikan postingan hingga 500 karakter, dilengkapi dengan tautan, foto, atau video berdurasi 5 lima menit.

Nah, sebelum kelahiran Threads Instagram yang sekarang, Meta sebenarnya pernah membuat aplikasi dengan nama yang sama pada 2019 lalu.

Threads yang dirilis pada 2019 merupakan aplikasi Instagram yang berdiri sendiri (standalone). Threads versi lawas ini merupakan aplikasi pesan instan berbasis foto dan video yang mirip Snapchat.

Baca juga: Threads, Aplikasi Mirip Twitter Buatan Pendiri Facebook Resmi

Aplikasi Instagram Threads lawas yang dirilis tahun 2019 dan ditutup pada 2021.Instagram Aplikasi Instagram Threads lawas yang dirilis tahun 2019 dan ditutup pada 2021.
Disebut begitu karena aplikasi ini mengutamakan komponen foto dan video, yang dirancang untuk digunakan oleh teman dekat. Dengan Threads lawas, pengguna bisa membagikan informasi yang lebih intim seperti lokasi real-time, kecepatan, hingga status baterai.

Karena dapat membagikan konten yang lebih rinci, pengguna Threads hanya bisa membagikan informasi tersebut kepada kawan-kawan terdekat yang ada pada daftar "Close Friends", yang didaftarkan pengguna di Instagram Stories.

Seperti Instagram, Threads lawas ini juga memiliki fitur Direct Message. Akan tetapi, hanya teman terdekat saja yang mampu mengirim pesan ke pengguna.

Hingga pada tahun 2020, Threads mendapat sejumlah penambahan fitur yang memungkinkan pengguna untuk membagikan pesan ke semua orang, bukan hanya teman dekat.

Namun, aplikasi yang diluncurkan di platform Google Play Store dan App Store ini resmi ditutup pada akhir 2021. Penutupan ini dilatarbelakangi oleh kehadiran fitur terbaru yang ditambahkan pada aplikasi yang berada di bawah naungan Meta.

Meta telah mengintegrasikan layanan Instagram dan Facebook Messenger sehingga masing-masing pengguna aplikasi bisa saling berkirim pesan langsung (Direct Message).

Dengan begitu, pengguna seolah-olah tidak memiliki alasan untuk menggunakan Instagram Threads.

Baca juga: Aplikasi Threads Pesaing Twitter Trending Nomor Satu di Twitter

Threads kini mirip Twitter

Aplikasi Threads yang sudah bisa dijajal di Indonesia.KOMPAS.com/Bill Clinten Aplikasi Threads yang sudah bisa dijajal di Indonesia.
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kini Threads menjadi platform berbasis teks yang mirip Twitter.

Pengguna bisa membuat postingan teks, membalas komentar, atau melakukan sejumlah interaksi lainnya layaknya ketika berselancar di Twitter.

Platform App Store sendiri mendeskripsikan Threads sebagai wadah untuk komunitas berkumpul dan berdiskusi tentang "segala hal yang Anda pedulikan" atau "sesuatu yang bakal viral besok".

Setelah mengunduhnya di Google Play Store atau App Store dan membukanya, pengguna akan diarahkan ke halaman pembuatan akun. Pengguna bisa menggunakan atau mengimpor informasi akun yang tersimpan di Instagram seperti nama akun hingga informasi bio.

Adapun pengguna tampaknya tak bisa membuat akun Threads baru. Sebab, dalam uji coba KompasTekno, Threads hanya akan menggunakan akun yang sudah terdaftar di Instagram.

Dari segi tampilan, Threads mirip seperti Instagram. Di bagian bawah aplikasi, ada menu "Home", "Search", "New Thread", "Activity", hingga "Profile" yang memiliki ikon menu mirip Instagram.

Bedanya, aplikasi Threads, terutama untuk menu "Home" alias Timeline, tampak disederhanakan dan menampilkan teks saja, sama seperti Twitter.

Baca juga: Link dan Cara Download Threads Instagram di Android serta iPhone

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com