Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Flo yang Viral karena Bikin Pengemudi Bisa Bayar Tol Tanpa Berhenti?

Kompas.com - 10/07/2023, 10:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa hari ini, media sosial tengah diramaikan dengan video pengemudi mobil yang tiba-tiba diberhentikan oleh petugas pintu tol karena dikira belum membayar tol. Video itu diunggah oleh akun Instagram @dashcam_owner_Indonesia.

Baca juga: Apa Itu Electronic Road Pricing, Sistem Jalan Berbayar yang Akan Diterapkan di Jakarta?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

Pada video tersebut, tampak pengemudi melintasi pintu tol tanpa berhenti. Kemudian, petugas pintu tol menegur dan meminta pengemudi agar membayar tarif tol. Akan tetapi, pengemudi mengatakan bahwa dia sudah membayar menggunakan Flo.

Petugas pun menerima alasan tersebut dan pengemudi kemudian melanjutkan perjalanannya. Di kolom komentar unggahan tersebut, banyak pengguna lain yang cerita pengalaman serupa, diberhentikan karena dikira belum bayar, padahal memakai Flo.

Sebagaimana umum diketahui, saat melintasi pintu tol, pembayaran tarif umumnya masih dilakukan dengan memindai kartu e-tol yang berisi saldo. Dengan mekanisme pembayaran ini, pengemudi perlu untuk berhenti sejenak guna memindai kartu e-tol.

Sementara itu, dalam tayangan pada video di atas, pengemudi yang bilang sudah membayar pakai Flo tampak tidak berhenti sama sekali. Melihat keramaian ini, lantas apa itu Flo yang lagi viral karena bikin pengemudi bisa bayar tol tanpa berhenti?

Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan mengenai apa itu Flo yang lagi viral.

Apa itu Flo?

Flo merupakan penyebutan secara singkat dari aplikasi bernama Let It Flo. Lantas, Let It Flo aplikasi apa? Flo atau Let It Flo adalah aplikasi yang mendukung sistem pembayaran tarif tol secara non-tunai dan nirsentuh.

Baca juga: Cara Cek Tarif Tol via Google Maps di HP Android dan iPhone

Let It Flo merupakan bagian dari seperangkat sistem pembayaran tol non-tunai dan nirsentuh atau Single Lane Free Flow (SLFF) berbasis Radio Frequency Identification (RFID) yang dikembangkan oleh Jasamarga Tollroad Operator (JMTO).

Untuk diketahui, RFID sendiri merupakan chip dan antena berisi data objek, yang dalam hal ini adalah kendaraan atau mobil. Dalam Flo, teknologi RFID tersebut berbentuk stiker yang terpasang di lampu depan mobil, sebagaimana dilansir laman resmi Flo.

Stiker RFID Let It Flo yang terpasang di bagian lampu depan mobil.letitflo.id Stiker RFID Let It Flo yang terpasang di bagian lampu depan mobil.

Melalui stiker RFID, data kendaraan bakal tersinkronisasi dengan aplikasi Let It Flo. Stiker RFID bakal terpindai saat memasuki pintu tol dan saldo di aplikasi Let It Flo akan secara otomatis terpotong.

Dengan Let It Flo, pengguna jalan tol tidak perlu menghentikan kendaraannya saat ingin melakukan transaksi pembayaran jalan tol di gerbang tol. Pembayaran tol non-tunai nirsentuh dengan Flo saat ini belum diterapkan secara menyeluruh di semua pintu tol.

Teknologi pembayaran tarif tol non-tunai nirsentuh ini telah dikembangkan Jasa Marga sejak 2017 dan terus berjalan hingga saat ini, meskipun dalam skala terbatas. Implementasi Let It Flo saat ini sudah dilakukan di 100 titik ruas jalan tol wilayah Jabodetabek dan Bali.

Dikutip dari Kompas.com, hingga saat ini, jumlah pengguna Let it Flo sudah mencapai lebih dari 13.000 pengguna aktif dengan rata-rata transaksi harian sebanyak 3.770 kendaraan. Demikianlah penjelasan mengenai Flo yang lagi viral belakangan.

Cara mendapatkan Flo

Sebagai informasi tambahan, bila tertarik untuk mendapatkan Flo, pengguna bisa mengunduh dulu aplikasi Let It Flo di Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk iPhone).

Setelah itu, pengguna bisa memesan dan mengunjungi lokasi pengambilan stiker RFID. Kemudian, pengguna bisa membawa kendaraannya ke lokasi pengambilan dan tim teknisi bakal membantu proses instalasi dan aktivasi stiker RFID.

Baca juga: Apa Fungsi Chip RFID yang Akan Dipasang di Pelat Nomor Putih?

Setelah diaktivasi, pengguna dapat mulai mengisi saldo Let It Flo untuk melintasi jalan tol tanpa berhenti. Cara mendapatkan Flo ini cukup mudah. Untuk informasi lebih lanjut, pengguna bisa menghubungi Customer Service Flo di nomor WhatsApp 081212340400.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com