Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

KILAS

Perkuat Literasi Keamanan Transaksi Online di Exploraphones.com

Kompas.com - 10/07/2023, 20:05 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Aktivitas transaksi online semakin populer seiring maraknya penggunaan aplikasi keuangan ataupun perbankan berbasis digital.

Kehadiran aplikasi tersebut membuat Anda tak perlu lagi repot pergi ke anjungan tunai mandiri (ATM) ataupun ke kantor cabang hanya untuk melakukan transaksi perbankan, seperti mentransfer uang.

Namun, transaksi online juga memiliki risiko tersendiri. Untuk diketahui, tindak kejahatan yang dilakukan secara digital disebut sebagai kejahatan siber.

Kejahatan siber umumnya menggunakan teknik manipulasi sosial untuk mencuri informasi rahasia, seperti nomor personal identifier number (PIN) atau password akun perbankan. Dengan mendapatkan kedua hal ini, pelaku dapat dengan mudah membobol saldo rekening Anda untuk keperluan pribadinya.

Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati dan cerdas dalam bertransaksi online agar terhindar dari penipuan.

Salah satu cara untuk menghindari kejahatan siber seperti hal tersebut adalah dengan banyak mengedukasi diri.

Edukasi itu bisa didapatkan dengan membaca berbagai sumber tepercaya yang bisa membantu Anda untuk mengenal lebih jauh seputar transaksi online dan berbagai tip untuk menghindari kejahatan siber.

Adapun sumber informasi tersebut bisa Anda dapatkan melalui situs Exploraphones.com. Situs ini hadir untuk mengedukasi masyarakat Indonesia agar dapat melakukan transaksi online dengan cepat dan praktis tanpa melupakan keamanan dan kerahasiaan data perbankan mereka.

Exploraphones.com sendiri memiliki banyak informasi yang fokus pada topik-topik tentang cara bertransaksi online yang digunakan melalui berbagai aplikasi, baik mobile banking, seperti BRImo dan Livin Mandiri, maupun financial technology, seperti OVO, LinkAja, ShopeePay, serta Dana.

Lewat situs tersebut, Anda dapat menemukan berbagai artikel yang membahas cara-cara melakukan transaksi online, seperti cara bayar kredit usaha rakyat (KUR) lewat BRImo, salary crediting, dan tarik tunai tanpa kartu.

Selain itu, Exploraphones.com punya artikel yang berisi tip untuk menghindari penipuan online, seperti tidak mengeklik tautan atau link yang tidak diketahui sumbernya, tidak memberikan kode one-time password (OTP) atau PIN kepada orang lain, serta tidak menyimpan password di perangkat elektronik yang bisa diakses oleh orang lain.

Untuk diketahui, nama domain Exploraphones.com sebelumnya dimiliki oleh sebuah perusahaan teknologi Amerika Serikat (AS), Explora Phones Inc. Perusahaan ini mengalami kebangkrutan dan tidak beroperasi lagi.

Beberapa tahun kemudian, domain tersebut dibeli oleh tim Exploraphones.com dan dikembangkan menjadi situs edukasi terkait cara bertransaksi online.

Exploraphones.com didirikan oleh seorang penulis profesional, Patrianto Galugu, yang pernah meraih banyak penghargaan, seperti “Best Paper”.

Dalam menjalankan situs tersebut, ia bekerja sama dengan seorang lulusan Master of Science Petroleum Geology dari Curtin University, Perth, Australia, Reananda Hidayat Permono, dan seorang desainer web stories yang memiliki latar belakang S1 Teknologi Informatika, Wolfhardus Alexander Rabu.

Saat ini, situs ini telah memiliki subdomain, yaitu travel.exploraphones.com dan business.exploraphones.com dalam bahasa Inggris.

Kehadiran situs Exploraphones.com itu diharapkan dapat membuat masyarakat Indonesia lebih percaya diri dan cerdas dalam melakukan transaksi online.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com