Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Rilis Update iOS 16.5.1 Bawa Rapid Security Response

Kompas.com - 11/07/2023, 10:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple merilis pembaruan (update) sistem operasi untuk sejumlah perangkatnya, seperti iPhone, iPad, dan Mac. Apple meminta pengguna segera update karena sistem operasi terbaru bawa peningkatan yang penting, yaitu Rapid Security Response.

Pembaruan untuk iPhone adalah iOS 16.5.1 (a), dan iPad adalah 16.5.1. Selain untuk iPhone dan iPad, update Rapid Security Response juga hadir di perangkat MacBook, yaitu macOS Ventura 13.4.1.

Sebagaimana dikutip KompasTekno dari XDA Developers, Selasa (11/7/2023), Rapid Security Response memberikan perbaikan keamanan yang penting dan direkomendasikan untuk seluruh pengguna.

Baca juga: Sudah iOS 17, iPhone Kok Belum Bisa Pasang Aplikasi di Luar App Store?

Kebaruan OS juga akan meningkatkan keamanan dari sejumlah aplikasi, seperti Safari, WebKit, dan sebagainya. Fitur ini bakal langsung diunduh (download) ke perangkat usai proses update selesai.

“(Rapid Security Response) menghadirkan peningkatan keamanan penting di dalam pembaruan aplikasi. Misalnya, meningkatkan peramban web Safari, tumpukan kerangka kerja WebKit, atau sistem pustaka penting lainnya” tulis Apple di halaman Apple Support.

“Kebaruan lainnya juga dapat bermanfaat untuk mengurangi beberapa masalah keamanan yang lebih cepat, misalnya, masalah kerentanan dalam sistem yang dilaporkan pengguna,” tambah Apple.

Tangkapan layar dari pembaruan iOS 16 untuk iPhone versi terbaruXDA Developers Tangkapan layar dari pembaruan iOS 16 untuk iPhone versi terbaru

Pasalnya, Apple sempat menggelontorkan pembaruan untuk penggunanya. Update tersebut setidaknya memakan ruang penyimpanan (storage) sebesar 85.2 MB. Sementara itu, pembaruan kali ini hanya berukuran 2,7 MB saja.

Perangkat iPhone, iPad, dan Mac yang sudah menjalankan iOS 16.5.1, iPadOS 16.5.1, dan macOS 13.4.1 dari update sebelumnya akan mendapatkan fitur Rapid Security Response, jika melakukan update versi paling baru.

Sebaliknya, pengguna yang belum melakukan update dari versi sebelumnya, belum akan memiliki fitur Rapid Security Response di dalam perangkat.

Baca juga: Cara Upgrade ke iOS 16 di iPhone

Laporan XDA Developers menyebut jika versi OS sudah sesuai dengan persyaratan Apple, pembaruan bakal langsung mengunduh fitur baru ke dalam sistem. Jika tidak terunduh, pengguna diimbau untuk melakukan pembaruan ke versi sebelumnya terlebih dulu.

Cara melakukan update software di iPhone adalah dapat membuka menu “Settings”, kemudian pilih “General”, gulir layar ke bawah sampai menemukan Software Update dan klik.

Sedangkan untuk update software di iPad dan Mac, buka menu Settings, di bawa nama Apple ID akan tertulis “Software Update Available”.

Jika perangkat sudah update ke versi terbaru, laman Software Update tidak akan memunculkan notifikasi. Sebaliknya, jika ada update yang belum dilakukan, pengguna akan diminta untuk segera “Update Now”. Nah, klik tombol tersebut.

Setelah proses update selesai, perangkat akan meminta pengguna me-restart ulang perangkat. Proses update akan selesai dan lapisan keamanan perangkat sudah ditingkatkan ke versi terbaru.

Untuk pengguna iPhone, bila Anda ingin memastikan apakah perangkat sudah benar-benar ter-update, pastikan bahwa versi iOS dalam perangkat sudah memiliki embel-embel “(a)” di bagian belakang nama iOS.

Bila belum muncul, segera lakukan update kembali mengikuti langkah-langkah yang sudah disebut di atas. Selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com