Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Downgrade iOS 17 Developer Beta ke iOS 16 via iTunes

Kompas.com - 11/06/2023, 16:00 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Sistem operasi terbaru untuk iPhone, iOS 17, telah diumumkan oleh Apple dan sudah bisa dicoba pengguna. Akan tetapi, iOS 17 yang kini sudah bisa dicoba pengguna itu adalah iOS 17 versi Beta untuk Developer atau disebut juga iOS 17 Developer Beta.

iOS 17 Developer Beta pada dasarnya merupakan sistem operasi yang masih dalam tahap uji coba dan pengembangan. iOS 17 Developer Beta digelontorkan supaya pengguna developer bisa menguji coba dan memberi masukkan.

Baca juga: 10 Fitur iOS 17 yang Bakal Hadir di iPhone, Ada Poster Kontak dan Mode StandBy

Tujuannya untuk menyempurnakan iOS 17 versi final yang nanti bisa digunakan oleh pengguna umum atau publik. Lantaran masih dalam tahap uji coba, iOS 17 Developer Beta masih banyak bug yang dapat mengganggu pengoperasian iPhone.

Bila tertarik untuk mencobanya, silakan ikuti cara instal iOS 17 Developer Beta di tautan ini. Untuk diketahui, iOS 17 Developer Beta sejatinya tidak ditujukan untuk dipakai dalam mengoperasikan iPhone sehari-hari.

Seandainya saat menggunakan iOS 17 Developer Beta tak sesuai ekspektasi, misal ternyata banyak bug yang mengganggu, pengguna masih bisa mengembalikannya (downgrade) ke iOS lama terbaru yang stabil, yaitu iOS 16.

Lantas, bagaimana cara mengembalikan iOS 17 Developer Beta ke iOS 16? Untuk downgrade iOS 17 Developer Beta ke iOS 16, caranya bisa dilakukan dengan mengakses fitur restore iPhone di aplikasi iTunes pada desktop.

Restore iPhone di iTunes pada dasarnya bakal mengembalikkan perangkat ke setelan awal pabrik. Tindakan restore bakal menghapus pemasangan atau uninstall iOS 17 Beta Developer, berikut dengan data-data yang tersimpan di iPhone.

Selanjutnya, iPhone bakal dimuat ulang dengan pemasangan iOS non-beta terkini atau iOS 16. Bila Anda hendak mengembalikan iOS 17 Developer Beta ke iOS 16, silakan simak caranya di bawah ini, sebagaimana dilansir laman resmi Apple.

Baca juga: 10 Produk yang Dirilis Apple di WWDC 2023

Cara downgrade iOS 17 Developer Beta ke iOS 16

  • Pastikan Anda telah memiliki aplikasi iTunes di desktop. Umumnya, aplikasi iTunes bakal terinstal di desktop berbasis MacOS. Bila belum memiliki iTunes, silakan unduh dulu lewat tautan ini.
  • Pastikan desktop menjalankan iTunes dengan versi yang terbaru.
  • Sebelum downgrade iOS 17 Developer Beta ke iOS 16, ada baiknya untuk mencadangkan data iPhone dulu di iTunes.
  • Untuk mencadangkan data, silakan hubungkan iPhone ke iTunes di desktop.
  • Setelah iPhone terdeteksi di iTunes, silakan klik opsi “Backup Now”.
    Ilustrasi cara backup iPhone di iTunesApple.com Ilustrasi cara backup iPhone di iTunes
  • Bila proses pencadangan telah selesai, silakan mulai melakukan restore iPhone.
  • Untuk melakukan restore, langkah awalnya adalah dengan masuk ke Recovery Mode saat iPhone terhubung dengan iTunes. Cara masuk ke Recovery Mode bisa beda-beda di tiap seri iPhone.
  • Misalnya, di seri iPhone 8 dan yang lebih baru, cara masuk ke Recovery Mode adalah tekan dan lepaskan tombol Volume Naik. Tekan dan lepaskan tombol Volume Turun. Tekan dan tahan tombol Power. Tahan tombol Power hingga muncul layar Recovery Mode seperti gambar di bawah ini.
    Ilustrasi tampilan layar Recovery Mode iPhonesupport.apple.com Ilustrasi tampilan layar Recovery Mode iPhone
  • Jika iPhone telah masuk ke Recovery Mode, cek dan klik opsi “Restore iPhone” yang muncul di iTunes.
    Ilustrasi cara restore iPhone di iTunes untuk downgrade iOS.Apple.com Ilustrasi cara restore iPhone di iTunes untuk downgrade iOS.
  • Selanjutnya, iPhone bakal mulai mengunduh dan instal file iOS versi non-beta terkini, serta uninstall iOS 17 Developer Beta.
  • Ketika proses restore berlangsung, jangan lepaskan sambungan iPhone dari iTunes di dekstop.
  • Bila restore berhasil, iPhone bakal memuat tampilan halaman pengaturan awal perangkat.
  • Selesaikan pengaturan tersebut untuk masuk ke layar “home”.

Baca juga: Catat, Ini Daftar iPhone yang Kebagian iOS 17 dan yang Tak Lagi Dapat Update

Kini, iOS 17 Developer Beta berhasil dihapus dan iPhone kembali menggunakan iOS versi non-beta. Demikianlah informasi seputar cara downgrade iOS 17 Developer Beta ke iOS 16 dengan memanfaatkan iTunes, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com