Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda-tanda Oppo Reno 10 Series Segera Masuk Indonesia

Kompas.com - 11/07/2023, 14:04 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo tampaknya akan segera merilis ponsel terbaru dari keluarga Reno series, yakni Oppo Reno 10 series di Indonesia. Flagship terbaru Oppo ini sebelumnya sudah hadir di negara tetangga, Malaysia, pada pekan lalu. 

Kehadiran Oppo Reno 10 series dalam waktu dekat di Indonesia, ditandai oleh beberapa hal.  Salah satu indikasinya adalah dengan dibukanya program Oppo Portrait Expert Club pada periode 30 Juni hingga 14 Juli 2023.

Dalam situs resmi Oppo Indonesia, program itu ditujukan untuk O-Fans (sebutan Fans Oppo) untuk menjajal perangkat Oppo Reno series terbaru di Indonesia.

Fans yang terpilih bakal bisa mencoba kebolehan kamera Oppo Reno series terbaru dan berkesempatan mendapatkan perangkat tersebut.

Pembukaan pendaftaran program Oppo Portrait Expert Club ini sejalan dengan peluncuran Oppo Reno 10 series secara global, di mana pertama kali hadir di Negeri Jiran (Malaysia) pada 7 Juli 2023.

Baca juga: Oppo Reno 10, Reno 10 Plus, dan Reno 10 Pro Plus Meluncur Global

Sudah lolos TKDN dan Postel, meluncur Agustus?

Perangkat Oppo CPD2521 yang diyakini sebagai Oppo Reno 10 Pro Plus terdaftar di laman sertifikasi TKDN dan Postel.TKDN dan Postel Perangkat Oppo CPD2521 yang diyakini sebagai Oppo Reno 10 Pro Plus terdaftar di laman sertifikasi TKDN dan Postel.
Indikasi lain kehadiran Oppo Reno 10 series di Tanah Air diperkuat oleh daftar terbaru dari laman sertifikasi di laman Postel Ditjen SDPPI Kementerian Kominfo dan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian.

Pantauan KompasTekno, Selasa (11/7/2023), ada sertifikat bernomor 90328/SDPPI/2023 yang diajukan oleh PT Bright Mobile Telecommunication pada 5 Mei 2023. Dalam rincian sertifikat tersebut, perangkat Oppo itu memiliki nomor model "CPH2521".

Nomor model Oppo CPH2521 yang sama juga sudah terdaftar di laman TKDN dengan nilai TKDN sebesar 36,35 persen. Menurut penelusuran KompasTekno, perangkat Oppo CPH2521 itu merujuk pada perangkat Oppo Reno 10 Pro Plus 5G.

Ponsel tersebut sudah dirilis di China (Mei 2023) dan Malaysia (Juli 2023). Ada tiga model Oppo Reno 10 series yang dipasarkan, yaitu Oppo Reno 10, Oppo Reno 10 Pro, dan Oppo Reno 10 Pro Plus.

Sertifikat Postel Ditjen SDPPI Kemenkominfo dan lolos TKDN menjadi syarat yang harus dipenuhi vendor ponsel sebelum menjual ponselnya di Indonesia. Dengan kata lain, bisa dibilang, Oppo Reno 10 Pro Plus 5G siap masuk dan dijual di Indonesia.

Baca juga: Oppo Bakal Rilis HP Teleportrait di Indonesia, Reno Series?

Meski begitu, belum diketahui model Oppo Reno 10 series mana saja yang bakal dipasarkan di Indonesia. Sebagai gambaran spesifikasi Oppo Reno 10, Oppo Reno 10 Pro, dan Oppo Reno 10 Pro Plus versi Malaysia bisa disimak di artikel berikut ini.

Oppo Find X6 Pro punya mode teleportrait. Dengan ini, pengguna bisa mengambil gambar bokeh dengan metode perbesaran 1x, 2x, dan 3x.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Oppo Find X6 Pro punya mode teleportrait. Dengan ini, pengguna bisa mengambil gambar bokeh dengan metode perbesaran 1x, 2x, dan 3x.
Saat ini, memang belum ada pengumuman resmi soal jadwal perilisan Oppo Reno 10 series di Indonesia.

Namun, pada akhir Juni lalu, pihak Oppo Indonesia memberikan kisi-kisi bahwa perangkat Oppo Reno yang baru bakal meluncur sebentar lagi.

Kalau tidak ada halangan, perangkat Oppo baru dengan teknologi teleportrait itu bakal dirilis satu hingga dua bulan ke depan.

Bila melihat seri Reno sebelumnya, Oppo memperkenalkan Reno8 5G dan Reno8 Pro 5G pada 15 Agustus 2022, dilanjutkan dengan Reno8 4G dan Reno8 Z 5G pada 15 September 2022.

Bila mengikuti kebiasaan tersebut, Oppo Reno 10 Series kemungkinan besar akan diperkenalkan di Indonesia pada Agustus mendatang.

Oppo Reno 10 series terbaru itu disebut bakal mewarisi salah satu fitur unggulan dari smartphone flagship Oppo Find X6 Pro 5G yang hanya eksklusif di pasarkan di China. Fitur tersebut adalah mode kamera teleportrait.

Fitur teleportrait memungkinkan pengguna memotret obyek dengan latar belakang bokeh (blur) dari jarak yang cukup jauh.

Baca juga: ColorOS 14 Rilis September, Ini Daftar HP Oppo yang Kebagian

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com