Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produk AR Google Dianggap Tak Jelas, Kepala Divisi Mundur

Kompas.com - 12/07/2023, 09:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber 9to5Google

KOMPAS.com - Senior Director of Enginerring Google, Mark Lucovsky yang bertanggung jawab terhadap pengembangan sistem operasi (OS) dan perangkat lunak di produk AR dan XR (augmented reality dan extended reality) mengundurkan diri (resign).

Pengunduran diri Lucovsky dari Google diungkap langsung melalui akun Twitter pribadi Lucovsky dengan handles @marklucovsky pada Selasa (11/7/2023).

Dalam twitnya, alasan resign disebabkan oleh ketidakjelasan komitmen Google terhadap produk AR bikinannya.

“Saya telah memutuskan untuk keluar dari Google, sebelumnya saya adalah Senior Director of Engineering yang bertanggung jawab terhadap OS dan platform software untuk perangkat AR dan XR,” tullis Lucovsky.

“Kputusan ini sebagian besar karena perubahan kepemimpinan AR baru-baru ini dan ketidakjelasan komitmen dan visi Google,” tambahnya.

Pernyataan di kalimat terakhir yang ditulis Lucovsky sempat menjadi perhatian beberapa orang. Konon, pengunduran diri Lucovsky sejalan dengan keluarnya Kepala Divisi Gogole AR/VR Clay Bavor, yang sudah bekerja di Google selama 18 tahun, pada awal 2023.

Baca juga: Project Iris Disetop, Google Batal Bikin Kacamata AR

Adapun Lucovsky sendiri adalah mantan karyawan Meta yang memutuskan resign setelah Meta berhenti mengembangkan OS untuk headset VR dan kacamata AR, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9to5Google, Rabu (12/7/2023).

Penghentian produksi perangkat mendorong Meta menggunakan sistem operasi khusus VR, VROS berbasis Android untuk menghemat sumber daya. Namun, saat pindah ke Google, perusahaan raksasa teknologi itu tampaknya mengalami kendala yang sama.

Beberapa waktu lalu, Google juga dilaporkan sudah menyetop proses produksi kacamata pintarnya yang memiliki proyek bernama “Project Iris”.

Menurut tiga orang yang diduga dekat dengan perkata ini, kacamata pintar AR Google sudah dihentikan pada awal tahun 2023. Hal tersebut disebabkan oleh para pemimpin yang kerap mengubah strategi pada kacamata pintarnya dan membuat karyawan kewalahan.

“Para pemimpin kerap mengubah strategi pada kacamata pintarnya ketika dalam proses pengembangan. Hal tersebut membuat karyawan harus mengerjakan banyak hal dan menyebabkan frustasi,” ujar salah satu sumber anonim kepada Business Insider.

Google juga merombak beberapa struktur kepemimpinan. Setelah Clay Bavor resign, pengembangan produk AR dialihkan ke divisi Ekosistem dan Platform (Android, Chrome OS) oleh dipimpin oleh Hiroshi Lockheimer dan divisi Perangkat Layanan (Pixel, Chromecast, Nest, dkk) yang dipimpin Rick Osterloh.

Baca juga: Apple Bikin Headset AR Vision Pro Versi Murah?

Jadi, sebenarnya tanggungjawab yang dipegang oleh Lucovsky tidak diketahui secara rinci. Merujuk pada laporan yang beredar, Lucovsky tampaknya bertanggungjawab terhadap pengembangan OS kacamata pintar bernama microXR.

Tidak diketahui secara pasti OS yang dikembangkan berbasis Android atau hanya sistem operasi untuk perangkat AR dan XR. Yang jelas, Lucovsky bertanggung jawab pada pemahaman OS Linux (Linux kernel) dan model driver serta pengembangan pengalaman RTOS (real-time operating system).

Fokus ke software AR

Google sedang mengembangkan pedoman baru terhadap sejumlah OEM (Original Equipment Manufacturer) untuk perangkat Android.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com