Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggota Komunitas WhatsApp Bisa Gabung secara Anonim?

Kompas.com - 12/07/2023, 12:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GadgetsNow

KOMPAS.com - Platform perpesanan instan, WhatsApp, meluncurkan fitur baru untuk meningkatkan keamanan pengguna Communities (Komunitas). Seperti yang diketahui, komunitas ini sudah digelontorkan per November 2022.

Nah, peningkatan yang dilakukan adalah memastikan nomor WhatsApp yang terdaftar di sistem tidak dapat dilihat oleh anggota komunitas lainnya. Fitur tersebut bernama “Phone Number Privacy” (privasi nomor ponsel).

Lapisan keamanan baru ini sudah hadir untuk perangkat Android ataupun iOS. Namun, pantauan KompasTekno, Rabu (12/7/2023), WhatsApp Android versi 2.23.13.76 masih belum kedapatan kebaruan ini.

Baca juga: 5 Perbedaan Grup dan Komunitas WhatsApp, Mulai Komposisi Anggota hingga Cara Mengelolanya

Menurut situs yang kerap membagikan bocoran fitur baru WhatsApp, WABetaInfo, fitur ini baru hadir untuk sebagian kecil pengguna WhatsApp. Kemungkinan bakal segera menggelontorkan fitur ini secara merata ke semua pengguna.

Terlepas dari hal tersebut, kebaruan ini diklaim dapat meningkatkan keamanan penggunanya. Sebab, sejak awal pengguna bergabung di dalam Komunitas WhatsApp, daftar anggota yang tergabung pada dasarnya memang disembunyikan oleh sistem.

Di saat yang bersamaan, pengguna juga tidak dapat berinteraksi atau memberi respons di dalam ruang obrolan, bahkan memberi reaksi emoji (emoji reactions) sekalipun. Pembatasan tersebut dilakukan agar nomor ponsel anggota tidak dapat dilihat oleh anggota lain.

Nah, bila fitur ini sudah digelontorkan secara merata ke semua pengguna, anggota Komunitas nantinya dapat berinteraksi di dalam grup pengumuman komunitas secara anonim. Pemberian emoji reaksi di Komunitas juga tetap bakal menyembunyikan nomor ponsel anggota.

Baca juga: 4 Hal Ini Hanya Bisa Dilakukan Admin Komunitas di WhatsApp

Lalu, pengguna WhatsApp di masa mendatang juga dimungkinkan mengirim pesan personal ke anggota lain, walau nomor ponselnya disembunyikan.

Namun, pengirim pesan harus mengirim permintaan pengiriman pesan kepada penerima terlebih dulu agar penerima pesan dapat memilih ingin membagikan nomor ponselnya atau tidak.

(Kiri-kanan) Tampilan fitur baru Phone Number Privacy di perangkat iOS dan AndroidWABetaInfo (Kiri-kanan) Tampilan fitur baru Phone Number Privacy di perangkat iOS dan Android

Laporan selanjutnya, WABetaInfo juga mencantumkan gambar tangkapan layar (screenshot) dari fitur Phone Number Privacy. Ketika pengguna membuka Komunitas di WhatsApp, akan muncul jendela notifikasi baru yang bertuliskan “Added privacy for your phone number”.

“Nomor ponsel Anda hanya dapat dilihat oleh admin Komunitas, pengguna yang menyimpan nomor ponsel Anda di kontak, atau pengguna yang memiliki nomor ponsel Anda di ruang chat yang lain. Semua anggota yang lain tidak dapat melihat nomor ponsel Anda di ruang obrolan,” tulisnya.

Baca juga: Cara Membuat dan Bagikan Link Grup WhatsApp Komunitas

Pernyataan di atas mengindikasikan hanya pengguna yang menyimpan nomor anggota lain saja yang dapat melihat nomor ponselnya.

Sebagaimana dikutip KompasTekno dari Gadgets Now, Rabu (12/7/2023), fitur Phone Number Privacy secara tidak langsung menghindarikan anggota lain melihat informasi detail dari profil seseorang.

Sebaliknya, jika Anda merupakan admin di dalam Komunitas WhatsApp, nomor ponsel Anda akan muncul dan bisa dilihat oleh semua anggota. Aturan ini hanya berlaku jika pengguna mengatur dirinya sebagai seorang admin.

Apabila Anda ingin mendapatkan pembaruan terkini dari fitur WhatsApp, pastikan untuk update aplikasi di toko aplikasi resmi, Google Play Store dan Apple App Store secara berkala.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com