Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Bagi-bagi "Cuan" Iklan ke Kreator, Bisa Dapat Ratusan Juta Rupiah

Kompas.com - 14/07/2023, 15:01 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Twitter mulai bagi-bagi hasil pendapatan iklan ke sejumlah kreatornya. Pendapatan iklan dapat diperoleh berdasarkan iklan yang ditayangkan di dalam balasan sebuah cuitan.

Hanya saja, tidak semua kreator Twitter dapat mengeklaim hasil pendapatan iklan tersebut. Kreator harus memenuhi beberapa syarat terlebih dahulu untuk bisa meraup keuntungan dari iklan.

Persyaratannya adalah harus berlangganan Twitter Blue (akun terverifikasi) dan memiliki minimal 5 juta tayangan (impressions) twit setiap bulannya. Apabila jumlah tayangan konsisten selama tiga bulan berturut-turut, kreator baru bisa memonetisasi kontennya.

Pemilik Twitter, Elon Musk mengatakan, untuk tahap pertama bagi hasil pendapatan iklan yang akan digelontorkan ke kreator-kreator sebesar 5 juta dollar AS atau sekitar Rp 74,5 miliar (kurs 1 dollar AS = Rp 14.908).

Baca juga: Twitter Klaim Catatkan Rekor Penggunaan Terbesar di Tengah Ancaman Threads

Jumlah pendapatan iklan bakal diakumulasi dari bulan Februari lalu. Kemudian, kreator yang berhak akan mendapat komisi yang akan dikirim Twitter lewat Stripe, layanan pembayaran global lintas negara.

Pendapatan iklan yang dibagikan mulai dari beberapa dollar AS hingga 40.000 dollar AS (Rp 598 jutaan) per akun yang memiliki beberapa juta pengikut. Dalam laporan yang lain, Twitter mengungkapkan bakal memperluas kebijakan ini ke lebih banyak kreator pada akhir Juli.

Beberapa kreator di Twitter pun sudah ada yang melaporkan hasil pendapatan iklan yang dikirimkan oleh perusahaan. Misalnya, penulis bernama Brian Krassenstein, yang memiliki 750.000 pengikut (followers), melaporkan Twitter sudah membayarnya sebesar 24.305 dollar AS (Rp 363,8 jutaan).

Baca juga: Twitter Diduga Blokir Link ke Profil Threads

Kreator di bidang musik, seperti SK dengan pengikuti 230.000 followers berhasil mengeklaim pendapatan iklannya sebesar 2.236 dollar AS (Rp 33,4 jutaan). Lainnya, komentator politik, Benny Johnson dengan 1,7 juta followers berhasil menerioma 9.546 dollar AS (Rp 142,9 jutaan).

Sementara itu, penulis bernama Babylon Bee Ashley St. Clair yang sudah memiliki 710.000 followers mencoba merinci pendapatan iklan yang ia terima dari Twitter dalam sebuah utas (thread) dengan handles @stclairashley.

Ashley mengaku dirinya menerima 7.153 dollar AS (Rp 107 jutaan). Ia juga memiliki 840 juta impressions dari Februari—Juli 2023.

Apabila dihitung secara manual, kemungkinan tarif adsense/CPM (cost per mile) bakal sebesar 0,0085 dollar AS (RP 127,25) atau 8,52 dollar AS per 1 juta impressions (Rp 127.547).

Ini hanya perhitungan kasar dari Ashley. Twitter sebetulnya tidak mengumbar rincian nilai yang didapat kreator per impression twit mereka.

Tidak diketahui juga apakah tarif CPM yang dipatok sama rata ke semua kreator atau berbeda-beda di untuk setiap individu, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tech Crunch, Jumat (14/7/2023).

Batasan konten yang dimonetisasi

Tidak semua kreator di Twitter bisa menghasilkan pendapatan dari iklan. Ada beberapa batasan yang perlu diketahui.

Menurut Twitter’s Creator Monetization Standards (standar monetisasi kreator Twitter), konten berbau seksual tidak dapat dimonetisasi.

Selain itu, Twitter juga tidak mengizinkan kreator memonetisasi konten mengenai skema ponzi, skema piramida, atau skema cepat kaya seperti spammer kripto. Konten kekerasan, perilaku kriminal, perjuadian, narkoba, dan alkohol juga tidak dapat dimonetisasi.

Selain itu, konten yang dibagikan tidak boleh melanggar hak cipta. Artinya, konten yang dibagikan tidak dimiliki atau diproduksi oleh diri sendiri. Konten seperti itu juga dilarang oleh Twitter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com