Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Siapkan Fitur "Dubbing" Berbasis AI, Bisa Translate Suara Inggris-Indonesia

Kompas.com - 23/06/2023, 19:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - YouTube tengah menyiapkan fitur sulih suara alias dubbing dengan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Menurut laporan The Verge, YouTube menggandeng Aloud untuk mempermudah kreator YouTube (YouTuber) menerjemahkan suara dari satu bahasa ke bahasa lain secara instan dan gratis.

Aloud ini adalah produk jebolan Area 120, ikubator internal Google untuk proyek eksperimental.

Menurut laman resmi, Aloud membantu para kreator dengan mentranskripsikan, menerjemahkan, dan menarasikan video mereka. Dalam tahap awal, YouTube bisa men-dubbing video berbahasa Inggris ke bahasa lain seperti Indonesia, Portugis, Spanyol, dan Hindi.

Baca juga: Aturan Terbaru, Punya 500 Subscriber Sudah Bisa Dapat Uang dari YouTube

Dalam sebuah video demonstrasi, setelah mendapatkan akses, kreator hanya perlu mengunggah video yang ingin di-dubbing. Kemudian, Aloud akan mentranskripsikan video. Pengguna bisa meninjau dan mengedit hasil transkripsi tersebut.

Selanjutnya, transkrip itu akan diterjemahkan ke bahasa yang dipilih pengguna, misalnya bahasa Indonesia. Nah, terakhir hasil terjemahan akan dinarasikan dalam bahasa Indonesia oleh suara AI.

Contoh video bahasa Inggris yang di-dubbing ke bahasa Indonesia menggunakan Aloud bisa disimak melalui video berikut.

Saat ini, untuk bisa mencoba men-dubbing video dengan bantuan AI, kreator harus melakukan pendaftaran akses awal lewat lawan Aloud di URL https://aloud.area120.google.com/.

Untuk mendaftar akses awal, pengguna perlu mengisi formulir daftar tunggu dengan memberikan informasi di antarnya alamat e-mail, URL channel YouTube, hingga jenis konten yang dibuat.

Baca juga: Survei: Anak-anak di AS Lebih Suka Nonton YouTube ketimbang TikTok

Menurut keterangan Wakil Presiden Manajemen Produk YouTube, Amjad Hanif, tools Aloud ini sedang diuji ke ratusan pengguna YouTube. Namun, Hanif belum memberikan detail jadwal perilisan fitur dubbing bertanaga AI di YouTube untuk seluruh pengguna.

Hanif juga mengungkapkan bahwa YouTube tengah berupaya agar audio dubbing yang dihasilkan bisa terdengar seperti suara kreator aslinya serta dubbing memiliki sinkronisasi bibir yang lebih baik. Fitur-fitur tersebut rencananya hadir pada 2024, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Jumat (23/6/2023).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com