Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera Vlogging Sony ZV-1 II Masuk Indonesia, Ini Harganya

Kompas.com - 17/07/2023, 15:05 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa waktu setelah pertama kali diperkenalkan pada akhir Mei lalu, Sony kini mengumumkan kehadiran kamera saku ZV-1 II di Indonesia.

Seperti ZV-1 pendahulunya, ZV-1 II merupakan kamera yang fokus pada kemampuan video dan ditujukan untuk vlogger, traveler, influencer media sosial, serta kreator konten.

Ada sejumlah upgrade yang disematkan oleh Sony di ZV-1 II. Menurut President Director Sony Indonesia Yoshiyuki Fujioka, fitur-fitur baru ZV-1 II dihadirkan berdasarkan masukan dari para pengguna.

Baca juga: Alpha A6700 Resmi, Kamera Mirrrorless APS-C Teratas Sony

"Kami berusaha untuk menerima masukan dari komunitas untuk terus mengembangkan dan meningkatkan seri ZV, dan ZV-1 II akan menjawab hal tersebut," ujar Fujioka dalam keterangan tertulis.

Salah satu perubahan terpenting di ZV-1 II dibandingkan pendahulunya adalah lensa baru yang memiliki cakupan wide angle lebih lebar, mencapai 18 mm (ekuivalen FF), sementara jangkauan telephoto berubah menjadi 50 mm.

Bagian belakang kamera Sony ZV-1 II Sony Bagian belakang kamera Sony ZV-1 II

Lensa ZV-1 II yang bernama lengkap Zeiss Vario-Sonnar T* 18-50 mm f/1.8-4.0 itu juga tidak memiliki optical image stabilizer (OIS) sehingga sepenuhnya bergantung pada stabilisasi elektronik SteadyShot yang turut memanfaatkan gyroscope.

Untuk sensornya, ZV-1 II masih menggunakan tipe 1 inci BSI-CMOS dengan resolusi 20 MP dan tingkat sensitivitas native ISO 125-12.800.

Baca juga: Sony ZV-E1 Resmi di Indonesia, Kamera Vlog Harga Rp 34 Jutaan

Mikrofon 3-capsule di kamera ini juga ikut diperbarui dan kini mendukung fitur automatic direction switching.

ZV-1 II pun bisa mendeteksi arah sumber suara dan melakukan penyesuaian arah fokus mikrofon secara otomatis, baik dari depan, belakang, maupun keduanya.

Kamera Sony ZV-1 II dengan aksesori bluetooth gripSony Kamera Sony ZV-1 II dengan aksesori bluetooth grip
Seperti ZV-1 sebelumnya, di punggung ZV-1 II terdapat sebuah layar sentuh 3 inci dengan engsel fully articulated. Bedanya, tampilan antarmuka touchscreen di ZV-1 II diperbarui dan bisa melakukan lebih banyak fungsi, seperti navigasi setting dan menu.

Untuk perekaman videonya, ZV-1 II mendukung hingga resolusi 4K 30 fps (XAVC-S) atau hingga 1080p 120 fps untuk slow motion 5x.

Berdasarkan informasi dari keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Senin (17/7/2023), ZV-1 II akan tersedia di Indonesia pada Agustus 2023 dalam pilihan warna hitam dan putih. Harganya dipatok sebesar Rp 14 juta.

Khusus untuk pemesanan dalam masa pre-order mulai 13 Juli hingga 6 Agustus 2023, Sony menyediakan bonus berupa Bluetooth Grip GP-VPT2BT dan travel backpack.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com