Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Budi Arie, Menkominfo Baru Pengganti Johnny G Plate

Kompas.com - 17/07/2023, 11:00 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo). Pelantikan dilangsungkan di Istana Negara, hari ini, Senin (17/7/2023).

Budi Arie sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT). Ia juga dikenal sebagai pemimpin kelompok relawan Pro Jokowi (Projo), salah satu organisasi relawan terbesar pendukung Jokowi.

Pria kelahiran Jakarta, 20 April 1969, ini juga dikenal sebagai aktivis dan relawan. Selain itu, ia juga memiliki latar belakang sebagai praktisi media.

Terkait latar belakang pendidikannya, Budi merupakan lulusan sarjana Ilmu Komunikasi, Universitas Indonesia (UI). Ia juga melanjutkan studinya ke jenjang pascasarjana di kampus yang sama, prodi Manajemen Pembangunan Sosial.

Baca juga: Jokowi Lantik Budi Arie sebagai Menkominfo Baru dan Nezar Patria Wakil Menteri Kominfo

DIkutip dari laman resmi Kemendesa PDTT, pada 1994, Budi Arie mengawali kariernya sebagai jurnalis di Media Indonesia Minggu hingga tahun 1996.

Lepas dari Media Indonesia, ia masih menggeluti dunia jurnalistik dengan menjadi wartawan di mingguan ekonomi Kontan pada tahun 1996 hingga 2001.

Tahun 2001, Budi kemudian beralih ke dunia bisnis di PT Mandiri Telekomunikasi Utama. Di sana, kariernya moncer hingga menduduki jabatan direktur utama sampai tahun 2009.

Pada 2010, ia kemudian pindah ke PT Daya Mandiri dan menjabat sebagai direktur hingga 2014. Pada saat yang sama, Budi Arie Setiadi juga menjabat sebagai Direktur Utama NKE Investama, dan Direktur di PT Sarana Global Informasi sejak 2009 hingga 2014.

Tahun 2011, ia juga memegang jabatan sebagai Direktur Utama PT Mitra Lumina Indonesia hingga 2014.

Adapun karier politiknya dimulai saat ia bergabung dengan Partai PDI Perjuangan. Ia menjadi Kepala Balitbang PDI Perjuangan DKI Jakarta periode 2005-2010 dan Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta.

Pada 2013, Budi mendirikan relawan Pro Joko Widodo (Projo) yang kemudian berkontribusi besar terhadap pemenangan Joko Widodo dalam Pilpres 2014 dan 2019.

Baca juga: Mahfud MD Jadi Plt Menkominfo Gantikan Johnny G Plate

Gantikan Johnny G Plate

Budi Arie resmi dilantik sebagai Menkominfo. Dia menggantikan Johnny G Plate yang menjabat sebagai Menkominfo sejak tahun 2019 hingga Mei 2023. Johnny dicopot dari jabatan tersebut karena ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek pembangunan BTS.

Posisi Johnny kemudian digantikan sementara oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, sesuai dengan arahan Presiden Jokowi.

Dengan ditetapkannya Budi Arie sebagai Menkominfo, Mahfud MD tak lagi menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menkominfo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com